Tips Karier buat Kalian Orang Introvert

IntrovertSemua orang memiliki sifat yang berbeda. Ada mereka yang sangat terbuka akan sesuatu sehingga memudahkan untuk berinteraksi dengan yang lain. Namun adapula mereka yang termasuk golong introvert. Kelompok ini kerap kesulitan menyampaikan sesuatu secara terbuka.

Nah, buat kalian yang introvert, Rell Delshaw yang saat ini bekerja sebagai Manager staff pemerintahan di Kanada berbagi tips-tips dan pengalaman untuk bagaimana bisa bertahan di dunia kerja atau karier. Apa saja tipsnya, melansir laman Apolitical, Sabtu (17/10/2020).

1. Inisiatif untuk Membuat Karir Jadi Lebih Baik

Mempunyai ide ataupun inisiatif tinggi untuk bisa membuat Anda menjadi pekerja yang lebih baik pastinya perlu dilakukan. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman, jika memang terlihat sebuah kesempatan untuk bisa belajar skill atau kemampuan baru, yang bisa membuat Anda di perusahaan lebih diperhitungkan.

Manager perusahaan selalu mempunyai keinginan untuk membuat para tenaga kerjanya jauh lebih baik. Jangan pernah merasa malu ataupun sungkan, untuk meminta bantuan ke manager seputar kinerja ataupun hal yang bisa menambah keterampilan sebagai karyawan kantor.

Misalnya perusahaan sedang membentuk sebuah program khusus untuk kedepannya. Jangan malu, untuk inisiatifkan diri agar bisa berkontribusi ke dalam program atau proyek khusus tersebut.

Karena Rell merasa, bila ada di proyek khusus sebuah perusahaan, bisa membantu dan melatih Anda untuk mencari lebih banyak koneksi, sekaligus melatih kemampuan leadership ataupun public speaking.


2. Temukan Mentor yang Bisa Mensupport

Rell menyatakan bahwa dalam pengalamannya mengobrol dengan beberapa eksekutif senior, kebanyakan dari mereka berharap mendapatkan mentor ataupun pelatih di tahap awal karir.

Dari pengalaman Rell, mempunyai seorang mentor merupakan sebuah bantuan yang dianggap efektif untuk bisa membantu menopang kinerja karir.

Itu karena jika misalnya Anda mempunyai kepribadian introvert, mentor bisa membantu menyesuaikan atau bahkan membentuk strategi agar bisa tetap bertahan di dunia kerja yang memang terkadang dominan dengan ekstrovert.

Seorang mentor biasanya bisa memberikan saran dan berbagi pengalaman untuk hal-hal yang bersifat mikro. Misalkan Anda mempunyai masalah ataupun kendala setiap harus mempresentasikan sebuah proyek ataupun hasil kerjaan.

Seorang mentor bisa memberikan langkah-langkah dari pengalamannya untuk bisa mempersiapkan presentasi dengan baik. Entah itu dari segi konten presentasi, cara berbicara ataupun persiapan-persiapan mental sebelum memulai presentasi.

Tapi selain itu, Rell juga menyarankan bahwa jika memang kepribadian seorang mentor dengan diri Anda tidak terlalu cocok, jangan ragu untuk mencoba mencari yang lain. Karena dengan kepribadian yang lebih cocok bagi diri Anda, maka sesi mentoring yang dilakukan bisa bersifat jauh lebih nyaman dan menyenangkan.


3 Cari Kritikan dan Saran dari Banyak Sumber
Beberapa karyawan terkadang tidak sadar bahwa kritikan dan saran bisa datang dalam bentuk macam-macam. Rell menganggap bahwa untuk menyadari dan mengenalikritikan tersebut, harus dipunyai oleh setiap karyawan kantor.

Sebagai contoh, misalnya seorang manager ataupun editor membuat beberapa perubahan terhadap tulisan dokumen.

Harus diperhatikan, apakah perubahan dari tulisan tersebut banyak atau sedikit. Karena logikanya, jika memang banyak revisi ataupun perubahan, maka kinerja Anda dianggap belum memenuhi standar yang diinginkan oleh kantor.

Sebaliknya, jika memang tidak terlalu banyak perubahan, maka berarti apa yang sudah dikerjakan sudah mendekati standar.

Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan saran yang konstruktif, disarankan untuk berbicara dengan atasan secara tertutup dan privat.

Rell menyatakan bahwa karena dirinya yang seorang introvert, maka biasanya percakapan dengan jumlah orang yang sedikit ditambah dengan suasana privat, akan membantu menyerap pesan jauh lebih baik.

Selain itu, dari kondisi percakapan tersebut, bisa membuat Anda jauh lebih nyaman memberikan balasan ataupun pendapat kontra atas kritikan tersebut.

Sumber https://www.liputan6.com

 

Pengunjung

Today4053
Yesterday3757
This week26208
This month123587
Total199609

Who Is Online

5
Online

30-10-2020
Copyright © 2018 Pustikom Universitas Bung hatta