Membuat Pembukuan Sederhana yang Praktis dan Simple

pembukuan sederhanaDalam menjalankan bisnis, tentu saja Anda tidak ingin semua yang telah ditata dan disiapkan menjadi hancur berantakan karena kecerobohan dalam mengelola keuangan. Diperlukan sebuah instrumen khusus yang bisa digunakan untuk mengetahui dan mencatat berbagai kegiatan yang berhubungan dengan perputaran uang.

Pembukuan sederhana wajib Anda miliki dalam mengelola bisnis, apa pun skalanya.

Pembukuan sederhana umumnya berisi semua informasi tentang aktivitas keuangan dalam sebuah bisnis atau perusahaan.

Sekecil apa pun nominal yang dikeluarkan maupun didapat, catat dalam buku yang sudah memiliki tabel sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Dari sini, Anda bisa mengetahui seberapa besar keuntungan yang didapat dan kerugian yang dialami. Dengan demikian, Anda akan mengetahui langkah apa yang perlu dilakukan.
Peran Penting Sistem Pembukuan dalam Bisnis
Pembukuan sederhana dapat diartikan sebagai aktivitas pencatatan seluruh informasi dan data yang berhubungan dengan keuangan.

Semua yang berhubungan dengan finansial sebuah bisnis perlu dicatat, mulai dari modal awal, harta yang didapat dari bisnis, sampai pengeluaran dengan nominal yang sangat kecil.

Seseorang yang memulai bisnis biasanya kebingungan dalam membuat sistem pembukuan sederhana, karena tidak adanya tenaga profesional akuntan yang membantu.

Tidak perlu membuat pembukuan yang rumit, Anda bisa membuatnya dengan yang praktis dan simple.

Yang jelas, harus ada data yang menunjukkan ke mana saja uang digunakan. Dengan demikian, laba dan rugi akan mudah dihitung.

Dengan membuat pembukuan sederhana, Anda bisa menjaga stok barang yang dimiliki, mempermudah mengecek barang, memantau pergerakan barang, sampai mempermudah dalam pengawasannya.

Dari sekian banyak keuntungan yang didapat, tidak perlu menunggu lama untuk membuat pembukuan sederhana yang simple dan praktis. Berikut adalah 3 cara membuat pembukuan sederhana.

Catatan Pemasukan dan Pengeluaran
Catatan pemasukan dan pengeluaran adalah aspek penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Dalam catatan pemasukan, Anda perlu mencatat seluruh transaksi yang berkaitan dengan income bisnis.

Contohnya, penjualan produk setiap harinya harus benar-benar terpantau, dan dilakukan secara terus-menerus.

Dengan demikian, Anda semakin mudah melakukan monitoring dan membuat laporan mingguan atau bulanan.

Tidak hanya pemasukan, arus pengeluaran juga wajib dicatat, sekecil apa pun nilainya. Catatan pengeluaran ini termasuk dengan gaji karyawan, jika ada.

Catat semua transaksi, mulai dari pembelian barang untuk stok, hingga sumbangan kepada lembaga tertentu. Mencatat pengeluaran sangatlah penting, karena menjadi instrumen penting dalam menghitung laba dan rugi.

Inventaris Barang
Selain catatan pemasukan dan pengeluaran, Anda juga perlu membuat daftar inventaris barang. Mengapa ini penting?

Inventaris adalah benda dan barang yang digunakan dalam berbisnis yang didapat menggunakan dana modal.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan pemasukan yang banyak, sehingga modal awal bisa segera terlunasi.

Selain itu, daftar inventaris juga akan memudahkan Anda dalam memantau pergerakan serta mutasi produk yang dijual.

Pengecekan semakin mudah dilakukan jika Anda memiliki catatan apa saja barang dan produk yang dimiliki.

Laba Rugi
Hal terakhir yang harus ada pada sebuah pembukuan sederhana adalah catatan laba dan rugi. Dari mana untung dan rugi diketahui?

Anda bisa menghitung kembali pemasukan dan pengeluaran. Laba adalah kondisi dimana Anda memiliki jumlah pendapatan melebihi pengeluaran.

Begitu juga sebaliknya, jika jumlah pengeluaran tidak lebih kecil dari pendapatan, itu artinya Anda sedang mengalami kerugian dalam berbisnis.

Tak perlu khawatir jika mengalami kerugian, karena Anda bisa mencari dimana letak faktor penyebabnya, dan membuat strategi baru untuk periode berikutnya.

Buat Pembukuan Sederhana Anda Sendiri
Setelah mengetahui manfaat dan cara membuat pembukuan sederhana, tidak ada alasan untuk menundanya.

Segera buat sistem pembukuan sederhana Anda sendiri untuk mengelola bisnis dan menetapkan strategi yang dapat mendatangkan keuntungan. Selamat mencoba!

Sumber https://www.karyaone.co.id

Copyright © 2024 Pustikom Universitas Bung hatta