Dengan Inovasi Digital Banking Apakah Bank Konvensional Akan Hilang

Lirik Inovasi Produk Digital Banking Masa KiniJika saat ini perbankan telah bergerak menuju digital banking, akan kah suatu hari ini nanti bank akan hilang? Produk perbankan pada dasarnya akan tetap sama: yakni penghimpunan dan penyaluran dana. Akan tetapi, proses bagaimana layanan tersebut disampaikan kepada nasabah akan mengalami perubahan yang signifikan dalam 5-10 tahun kedepan.

Perubahan ini terjadi pada bentuk layanan yang akan memberikan lebih banyak value added kepada nasabah dengan biaya yang lebih rendah seiring dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan efisiensi bisnis.

Menurut Alex Sion (Co-Founder Moven), bank di masa depan atau “neo-bank” tidak lagi akan menjadi perbankan seperti pada umumnya, namun lebih kepada proses memfasilitasi perdagangan (commerce), lifestyle management dan decision support. Aktivitas transaksi pembayaran akan menjadi elemen utama. Neo-bank juga akan semakin berfokus pada aktivitas menghubungkan aliran perdagangan, dari hulu hingga ke end-consumer.

Tidak hanya itu, kedepannya neo-bank akan lebih banyak memberikan fitur yang memungkinkan nasabah untuk membuat keputasan harian, terlepas dari nilai produk yang dibeli, sesuai dengan konteks yang menjadi pertimbangan pada waktu tersebut.

Sumber https://www.ppm-manajemen.ac.id

Copyright © 2024 Pustikom Universitas Bung hatta