Ruang Lingkup dan Peran Ekonomi Mikro

spilled coins from the jarEkonomi mikro adalah salah satu cabang kajian ilmu ekonomi yang bertujuan untuk mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan, penentuan harga pasar suatu barang dan jasa.  Secara umum ekonomi mikro mengkaji bagaimana seseorang pelaku ekonomi mengambil keputusan dalam aktivitas ekonomi yang dipengaruhi oleh berbagai faktor-faktor rasional dalam pengambilan keputusan tersebut.

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Beberapa bidang penting yang diteliti dalam ekonomi mikro meliputi

1) Pembahasan mengenai keseimbangan umum
2) Keadaan pasar dalam informasi asimetris
3) Pilihan dalam situasi ketidakpastian
4) Berbagai aplikasi ekonomi dari teori permainan
5) Pembahasan mengenai elastisitas produk dalam sistem pasar

Peran Ekonomi Mikro
Beberapa peran ekonomi mikro antara lain

1. Digunakan Untuk Merumuskan Kebijakan
Peran Ekonomi mikro ini adalah bisa menjadi dasar untuk merumuskan kebijakan perusahaan terhadap suatu harga dan upah didalam melakukan pengelolaan sumber daya.Teori ekonomi mikro dapat juga dijadikan sumber informasi untuk mempelajari interaksi pasar serta bagaimana campur tangan pemerintah agar dapat membentuk kebijakan perusahaan yang inovatif dan strategis

2. Digunakan Untuk Menyusun Prediksi
Penjelasan dari ekonomi mikro ini yakni sebagai salah satu sumber informasi interaksi di pasar, sehingga dengan adanya ekonomi mikro ini suatu perusahaan memiliki dasar dalam menyusun strategi serta prediksi untuk kedepan untuk pengembangan perusahaan.

3. Digunakan Untuk Memahami Perilaku Konsumen
Dengan ekonomi mikro secara tidak langsung suatu perusahaan dapat juga memahami bagaimana kebutuhan konsumen, serta tentu saja ini akan dapat berpengaruh terhadap kemampuan suatu produk atau jasa dari perusahaan tersebut dapat bertahan di pasar.

4. Digunakan Untuk Mengetahui Perputaran Barang
Ekonomi mikro juga bisa menjadi alat untuk dapat mengetahui perputaran produk agar dapat bertahan di pasar. Dalam hal ini suatu perusahaan dapat mengawasi produk yang akan dijual tetap berada dijalur tujuannya untuk dapat menghindari kerugian.

5. Digunakan Untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan
Produktivitas sebuah perusahaan dapat tercapai dengan adanya dorongan berbagai aspek seperti sumber daya manusia yang cukup berkualitas, produk yang terjamin kualitasnya dan lainnya.

 

Copyright © 2018 Pustikom Universitas Bung hatta