5 Cara Jitu Mengelola Keuangan untuk Bisnis Usaha Kecil

Cetak

5 Alasan Kenapa Pebisnis Pemula Sering Mengalami Kegagalan - tren bisnisBerbisnis dalam bidang apapun pasti diharuskan untuk mengelola uang dengan baik. Biarpun bisnis yang Anda bangun belum tergolong bianis yang besar, tetap harus mengelola keuangan dengan baik. Hal ini bertujuan agar arus kas tidak defisit di mana jumlah pengeluaran melebihi pendapatan.

Untuk itu, berikut 5 cara jitu mengelola keuangan untuk Anda yang memiliki bisnis usaha kecil.

5 Cara Jitu Mengelola Keuangan untuk Bisnis Usaha Kecil

Buat Pembukuan

Anda harus melakukan pembukuan atau pencatatan yang lengkap mengenai pemasukan, pengeluaran setiap hari, serta utang dan aset yang dimiliki.

Dengan begitu Anda tahu apakah bisnis Anda mengalami kerugian atau keuntungan. Anda juga bisa mengecek jika ada uang yang terselip.

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Selalu lakukan pembayaran kartu kredit, cicilan, maupun pajak tepat waktu. Jika terlambat membayar, maka Anda sendiri yang rugi karena akan terkena sanksi berupa denda yang akan ditanggung.

Dan sadarilah dengan banyaknya utang yang harus dibayar maka akan menambah beban untuk Anda dan membuat tidak tenang.

Bedakan Uang Pribadi dan Usaha

Banyak yang menganggap remeh hal ini, padahal ini adalah hal mendasar dalam mengatur keuangan adalah memisahkan uang pribadi dengan uang usaha.

Anda harus membagi uang Anda, mana yang untuk anggaran pribadi dan mana yang untuk anggaran bisnis.

Jika tidak, tanpa Anda sadari atau tidak, Anda bisa secara sengaja atau tidak sengaja menggunakan modal usaha Anda untuk keperluan pribadi.

Akibatnya, Anda bisa kekurangan modal untuk mengembangkan usaha Anda.

Rencanakan Pengeluaran

Buat sistem keuangan yang baik dengan merencanakan penggunaan uang. Jika modal Anda sedang berlimpah, Anda jangan menghambur-hamburkannya.

Sementara jika modal sedang terbatas, aturlah sebijak mungkin dimulai dari pengeluaran yang bersifat emergency.

Memiliki Dana Darurat

Anda tidak dapat memprediksi hal apa yang akan terjadi ke depannya. Guna Anda perlu menyiapkan dana darurat adalah untuk menutupi segala kemungkan yang akan terjadi pada bisnis kedepannya.

Dana darurat tersebut akan menjaga bisnis Anda agar tidak langsung kolaps saat sedang jatuh, atau setidaknya dapat membantu mengurangi beban saat usaha Anda mengalami kerugian.

Namun pada kenyataannya, membangun sebuah usaha tidak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya Anda terhalang dana yang menyebabkan bisnis tidak selancar biasanya.

Sumber https://koinworks.com