Public Affairs Harus Jago Lobi Pemerintah

Ilustrasi public AffairsJabatan public affairs di perusahaan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan ekspansi perusahaan terutama untuk memberi saran, ide, dan penguatan relasi. Chairman & Chief Consultant Kiroyan Partners, Noke Kiroyan mengungkapkan, peran public affairs harus bisa memberikan masukan pada pemerintah. Public Affairs di level korporasi harus menekankan kemampuan untuk melobi dan negosiasi.

"Pada tataran pemerintah, komunikasi publik juga harus tepat, hendaknya ada satu kesatuan, misalnya penunjukkan narasumber harus tepat, agar semua informasi selaras,” pungkasnya, Jumat (16/10/2020).

Public & Government Affairs ExxonMobil Indonesia Azi N. Alam menyatakan, public affairs bertugas sebagai agent of internal alignment dan secara eksternal dapat menjadi corporate diplomat yang bertugas menyampaikan aspirasi perusahaan.

"Nah, di perusahaan teknologi, peran Public Affairs kedepan dalam menghadapi tantangan industri 4.0 juga tidaklah mudah," sambungnya.

Chief of Public Policy & Government Relations GOJEK, Shinto Nugroho menyatakan komunikasi rutin dan empati penting diperhatikan karena akan membuat dinamika Public Affairs jadi jauh lebih baik dan produktif dengan stakeholders.

“Inovasi teknologi menciptakan pasar dan model bisnis baru, tapi mindset pemerintah juga harus terbuka. Inilah yang menjadi tugas kita untuk menjembatani proses tersebut,” tuturnya.

Oleh sebab itu, dibentuklah Public Affairs Forum Indonesia dirancang untuk memberikan masukan sekaligus pengayaan kompetensi skills praktisi untuk memperkuat hubungan organisasi dengan stakeholders terutama Pemerintah dan Policy Makers.

Forum ini diharapkan menjadi ruang dialog yang kondusif untuk mewadahi para praktisi maupun pemerhati bidang public affairs untuk menjalin koneksi dan membangun ekosistem profesional.

Langkah selanjutnya, selain menjadi ruang sinergi dan membangun profesionalisme, forum ini memberi masukan-masukan strategis kepada pemerintah sekaligus menjadi wadah terciptanya solusi-solusi praktis dan jangka panjang untuk membangun reputasi organisasi yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Banyaknya dukungan yang mengalir dalam proses terbentuknya Public Affairs Forum Indonesia mencerminkan minat yang sangat besar dari para praktisi public affairs di Indonesia.

Sumber https://www.bisnis.com

Pengunjung

Today4051
Yesterday3757
This week26206
This month123585
Total199607

Who Is Online

6
Online

30-10-2020
Copyright © 2018 Pustikom Universitas Bung hatta