Apa saja Peran BUMN terhadap Perekonomian Indonesia

Cetak

BUMN Adalah - Pengertian, Contoh, Peran, Ciri, Tujuan Dan BentukDalam sebuah negara tentunya pasti memiliki kebutuhan rutin yang terjadi setiap periode salah satunya yaitu pengeluaran. Contoh sebuah pengeluaran yang terjadi misalnya pengeluaran untuk belanja pegawai, pengeluaran untuk belanja barang dan jasa, pengeluaran untuk pembayaran cicilan hutang, pengeluaran untuk pembangunan daerah serta pengeluaran untuk kebutuhan operasional lainnya.

Untuk dapat membiayai pengeluaran tersebut, negara juga perlu sebuah pendapatan nasional. Ada berbagai sumber pendapatan nasional salah satunya yaitu BUMN. Namun selain pendapatan nasional, adapun peran BUMN terhadap suatu perekonomian Indonesia. Apa saja peran BUMN tersebut? Mari perhatikan penjelasannya dibawah ini .

Dengan adanya keberadaan BUMN sangat penting baik bagi sumber penerimaan negara maupun sebagai penyedia barang dan jasa bagi masyarakat luas.

Pengertian BUMN
BUMN atau badan usaha milik negara adalah badan usaha yang sebagian atau keseluruhan kepemilikan dikuasai oleh negara. Namun negara yang dimaksud khususnya negara kesatuan republik Indonesia. Badan usaha milik negara juga ada yang dalam bentuk usaha nirlaba.

Terdapat dua jenis dan ciri BUMN yaitu memiliki jenis perusahaan perseroan dan perusahaan umun. Ciri-ciri yang dimiliki BUMN yaitu menjadi sebuah sumber pemasukan negara, saham bisa dimiliki oleh masyarakat dan lain sebaginnya.

Tujuan berdirinya badan usaha milik negara (BUMN) berbasis nirlaba ini adalah untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat. BUMN hadir sebagai perwujudan pemerintah dalam berperan sebagai pelaku ekonomi. Selain itu dalam permodalan badan usaha milik negara, baik sebagian maupun seluruhnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

Pengertian BUMN itu sendiri sudah diatur dalam UUD. Tepatnya pada undang-undang no.19 tahun 2003 pasal 1. Dalam pasal tersebut disebutkan jika badan usaha milik negara merupakan sebuah badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki oleh pemerintah.

Dari modalnya sendiri diperoleh melalui penyertaan langsung yang berasal dari kekayaan negara dan sengaja dipisahkan. Dalam pasal tersebut juga disebutkan jika kegiatan utama badan usaha milik negara adalah mengelola cabang-cabang produksi yang penting bagi negara. Dalam rangka mewujudkan kemakmuran rakyat.

Apakah BUMN Memiliki Peran Terhadap Perekonomian Indonesia?
Tentunya dalam perekonomian indonesia, peran BUMN sangatlah penting. Berikut peran-perannya :

a. Pengelola Sumber Daya Alam Potensial Milik Negara
Tentunya Indonesia memiliki sumber daya alam yang begitu banyak, sehingga apabila sebagin besar sumber daya potensial tersebut dikuasi oleh swasta tentu hal ini akan membahayakan perekonomian negara dan kesejahteraan rakyat. sebab jumlah aba yang didapat akan masuk ke dalam kantong perusahaan swasta yang memiliki tujuan mencari laba sebesar-besarnya.

Maka disinilah peran BUMN dalam mengambil peran sebagai pihak pengelola demi kesesuaian asas keadilan dan kesejahteraan rakyat. Maka dari itu bagi setiap sektor-sektor potensial yang menyangkut hajat hidup masyarakat luas harus ditangani oleh negara.

Dilakukannya hal ini agar kekayaan alam yang dimiliki negara tidak hanya dinikmati oleh perseorangan saja tetapi semua masyarakat indonesia juga dapat merasakannya. Jenis kekayaan alam yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero).

b. Menjadi Stabilitator Perekonomian
Dengan adanya kehadiran BUMN diharapkan mampu menjadi jawaban di setiap permasalahan yang ada. Apabila timbul permasalahan baru BUMN harus mampu mengatasinya, yang dilakukan oleh pemerintah antara lain menerapkan beberapa kebijakan yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi pada saat itu. Maka dengan adanya peran bantuan BUMN pemerintah mampu menerapkan kebijakan yang mampu menetralisir masalah perekonomian yang ada dan menghalangi kinerja perekonomian bangsa. Untuk itulah kehadiran BUMN bisa berperan sebagai stabilitator perekonomian.

Sebagai contoh di Indonesia pernah menghadapi kondisi sistem keuangan yang sulit. Kala itu, terjadi banyak kerusuhan sebagai aksi protes terhadap pemerintah yang gagal menghadapi krisis moneter.

Saat krisis moneter tersebut melanda Indonesia, nilai tukar rupiah jatuh dan menyebabkan banyak perusahaan gulung tikar. Dapat dikatakan negara ini sedang mengalami kekacauan dalam sistem ekonomi. Namun sejak peristiwa tersebut, pemerintahan Indonesia telah banyak belajar dan memperbaikinya, salah satunya dengan menerapkan kebijakan moneter dengan menyediakan berbagaiinstrumen kebijakan moneter.

c. Perintis Kegiatan Usaha yang Belum dapat Digarap Swasta
Dalam sebuah badan usaha swasta akan memerlukan modal yang besar untuk dapat mengambil tender di bidang-bidang potensial. sehingga dengan adanya hal tersebut membuat banyak perusahaan swasta maupun koperasi yang dapat menggarap dengan cepat dan baik sektor-sektor tertentu.

Namun dengan adanya peran BUMN atau pemerintah, BUMN dapat mengupayakan perhatian bagi sektor-sektor yang masih terabaikan namun memiliki potensial yang baik. Namun Apabila sektor yang memiliki potensial yang baik tersebut diperlukan oleh pemerintah atau BUMN. Maka pemerintah akan melakukan impor tenaga kerja, mesin-mesin, dan alat produksi lainnya sebagai faktor produksi dalam kegiatan usaha disektor tertentu.

d. Memberi Bimbingan Terhadap Golongan Ekonomi Lemah
Memberikan bimbingan terhadap permasalahan ekonomi yang masih cukup lemah merupakan sebuah peran BUMN. Dengan sebuah keberadaan BUMN yang menjadi pusat segala perekonomian potensial negara akan membuat banyak pihak swasta belajar mengembangkan diri.

Dapat Anda lihat seperti contoh PT Pos yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi, pada zaman dahulu perusahaan yang dulunya berjenis perjan ini kini menjadi pilihan mutlak bagi masyarakat yang ingin berkirim kabar atau barang dengan saudara. Maka dengan adanya peran BUMN ini dapat dijadikan sebuah inspirasi bahkan membimbing pihak swasta agar dapat mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan pasar.

Dapat dilihat pada perkembangan saat ini dimana Anda dapat menyaksikan pertumbuhan berbagai usaha swasta yang bergerak di bidang jasa kurir dan telekomunikasi. Mulai dari Tiki hingga JNE saat ini sudah dapat membantu meringankan kewajiban PT Pos melayani masyarakat di pelosok daerah. Belum lagi perkembangannya yang hanya menerima pengiriman surat hingga detik ini sudah dapat melayani pembayaran listrik.

e. Berperan Dalam Menyediakan Lapangan Kerja
Peran BUMN dapat menjadi salah satu penyedia lapangan kerja bagi banyak orang. Sebab hal ini berkaitan erat dengan dibutuhkannya tenaga kerja di berbagai sektor dan wilayah seluruh Indonesia.

Sehingga dapat terjadinya pembukaan lapangan yang serentak dan merata di seluruh wilayah nusantara. Sebuah gaji yang diberikan dan segala fasilitas penunjang seperti jaminan keselamatan dan kecelakaan kerja yang diberikan oleh BUMN juga dapat menjadi bagian dari usaha peningkatan taraf hidup rakyat.

f. Sebagai Sumber Pendapatan Negara
Peran BUMN dapat menjadi sebuah sumber pendapatan negara selain pajak. Sehingga apabila perusahaan negara terus mengelola sektor-sektor strategis, besar kemungkinan pembangunan di Indonesia akan semakin bertumbuh dengan cepat. Dikarenakan seluruh laba atau keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan milik negara akan langsung masuk dalam kas negara yang nantinya akan dipergunakan untuk pemerataan pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Dengan peran yang diberikan oleh BUMN tentu akan menghadirkan perekonomian yang lebih merata keseluruh penjuru Indonesia, terutama bagi Anda yang memiliki rencana untuk membangun usaha sendiri. Peran BUMN tersebut selalu membuka dan memberikan kesempatan kepada usaha kecil atau mikro untuk bersinergi bersama.

Setelah memahami secara keseluruhan peran BUMN dalam perekonomian indonesia, sudah seharusnya kita dapat memberikan kontribusi lebih terhadap BUMN agar dapat mendukung perekonomian nasional dan badan usaha milik negeri ini dapat bersaing di dunia internasional untuk bersaing perusahaan lainnya.

Namun bagi Anda yang ingin memiliki rencana untuk membangun usaha sendiri, penting bagi Anda untuk memiliki sebuah pembukuan akuntansi yang dapat membantu dan membangun usaha Anda menjadi lebih berkembang lagi.

Sumber https://www.harmony.co.id