Lima Program Strategis Kementerian Koperasi dan UKM

Cetak

Lima program strategis Kementerian Koperasi dan UKM yang merupakan visi dari Presiden Joko Widodo untuk menjadikan UMKM yang jumlahnya mencapai 62 juta sebagai andalan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama di tengah situasi perekonomian global yang kurang baik ini serta modernisasi koperasi.


Program unggulan pertama, memperbesar akses pasar baik didalam negeri maupun luar negeri, sehingga tercipta peluang dan permintaan terhadap produk-produk Koperasi dan UMKM dengan cara mendukung dan membantu penjualan secara online dan membuat regulasi agar perusahaan aplikasi dari luar negeri turut mempromosikan dan menjual produk koperasi dan UMKM kita.


Program unggulan kedua, peningkatan kualitas produksi dan inovasi untuk meningkatkan daya saing produk dan jasa yang dihasilkan. Kita bantu menyediakan teknologi dan sarana pendukung, untuk memperbaiki kualitas dan kapasitas produksi yang bisa digunakan secara kolektif.


Program unggulan Ketiga menyangkut agregasi pembiayaan yang akan menjadi solusi untuk meningkatkan pertumbuhan Koperasi dan UMKM. Kemenkop dan UKM sudah mengadakan pembicaraan dengan intansi dan lembaga terkait untuk mencari skema pembiayaan yang tepat, dengan membangun kemitraan dengan perusahaan-perusahaan besar, untuk menjadi off-taker produk UMKM dan avalis untuk pembiayaan.


Program unggulan keempat, pengembangan kapasitas manajemen dan usaha Koperasi dan UKM. Diwujudkan antara lain melalui pemberian konsultasi, pelatihan dan pendampingan oleh para ahli, program ini diharapkan dapat menambah pengetahuan untuk memasarkan produk ke luar negeri.


Program unggulan Kelima, memberikan kemudahan dan kesempatan yang sama untuk mengembangkan usaha bagi Koperasi dan UMKM. Dengan langkah ini produk-produk lokal memiliki kesempatan yang sama untuk ditempatkan sejajar dengan produk-produk impor di mal-mal besar di Indonesia maupun negara sahabat.

http://www.depkop.go.id