Tiga Hal Penting Dalam Masalah Ekonomi Klasik

Cetak

Terbatasnya ketersediaan sumber daya dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat memunculkan permasalahan ekonomi yang harus dihadapi oleh masyarakat atau negara. Pada gilirannya, masalah ekonomi ini akan mendorong masyarakat untuk berpikir dan bertindak kreatif maupun melakukan pilihan lainnya guna mengatasi maupun memecahkan masalah ketersediaan sumber daya terbatas ini.


Masalah pokok ekonomi dapat dibedakan menjadi masalah pokok ekonomi klasik dan masalah pokok ekonomi modern. Persamaan diantara keduanya adalah upaya kemakmuran masyarakat, dan perbedaannya terletak pada pengertian kemakmuran dan upaya mencapainya.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas masalah ekonomi klasik, apa saja ya kira-kira yang termasuk didalamnya?


Masalah ekonomi klasik ini diperkenalkan oleh Adam Smith dan pemikiran ini dipopulerkan oleh kalangan pakar ekonomi klasik berikutnya, seperti David Ricardo, Thomas Robert Malthus, dan Jean Baptiste Say.

Pemikiran ini berpengaruh di Eropa pada abad ke 18 dan 19, dimana menjadi dasar dari kapitalisme dan perhatian utamanya ada pada kemakmuran.


Inti dari masalah pokok ekonomi klasik adalah bagaimana caranya mencapai kemakmuran masyarakat atau negara. Kemakmuran berarti terpenuhinya kebutuhan akan barang dan jasa.

Adapun, masalah ekonomi klasik ini dibedakan sesuai dengan tiga bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan yakni produksi, distribusi, dan konsumsi.


Masalah Produksi
Dalam masalah produksi masyarakat harus menentukan bagaimana menghasilkan barang dan jasa agar bisa memenuhi beragam kebutuhan yang muncul. Dimana, produsen akan berperan penting dalam mengatasi masalah ini, karena mereka akan memetakan kebutuhan pasar. Disamping itu juga akan memutuskan ragam barang dan jasa yang diproduksi berikut dengan strategi berproduksinya.


Masalah Distribusi
Dalam hal ini masyarakat harus menentukan bagaimana barang dan jasa sampai kepada konsumen yang membutuhkan. Distributor atau penyalur berperan penting dalam mengatasi masalah ini, lantaran akan menutuskan strategi paling efisien agar barang dan jasa sampai ke konsumen secara cepat dan tepat sasaran.


Masalah Konsumsi
Untuk masalah konsumsi, masyarakat akan menentukan bagaimana barang dan jasa yang beredar dapat dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan yang ada. Konsumen berperan penting dalam mengatasi masalah ini karena akan memutuskan apakah barang dan jasa yang tersedia memang dibutuhkan dan dapat dijangkau oleh warga yang memang membutuhkan.

 Sumber https://www.kelaspintar.id