Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

Cetak

Perbedaan penjualan dan pemasaran pada dasarnya terletak pada objektivitas akhir dari aktivitas marketing. Konsep penjualan itu berorientasi pada laba yang besar tetapi tidak mementingkan kepuasan konsumennya, sedangkan konsep pemasaran lebih berorientasi pada laba dan juga mementingkan kepuasan konsumennya.

Berikut ini penjelasan lebih rinci mengenai perbedaan penjualan dan pemasaran:

Konsep Penjualan
Konsep Penjualan yaitu memfokuskan pada penjualan. Karena itu, konsep ini lebih mengedepankan produk yang dibuat sebaik-baiknya, lalu nanti baru dipikirkan bagaimana cara menjualnya. Ingat yang dikedepankan adalah produk.

Secara implisit pandangan konsep penjualan adalah:
1. Konsumen mempunyai kecenderungan normal untuk tidak membeli produk yang tidak penting
2. Konsumen dapat didorong untuk membeli lebih banyak melalui berbagai peralatan atau usaha-usaha yang mendorong pembelian
3. Tugas perusahaan adalah untuk mengorganisasi bagian yang sangat berorientasi pada penjualan sebagai kunci untuk menarik dan mempertahankan langganan.

Konsep Pemasaran
Konsep Pemasaran yaitu memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya.

Konsep pemasaran mengandung tiga dasar pokok :
1. Perencanaan dan operasinya berorientasi pada kebutuhan dan keinginan pelanggan atau konsumen.
2. Semua aktivitas pemasaran dilakukan secara terpadu (integrated marketing).
3. Tujuan akhirnya adalah memenuhi atau mencapai tujuan perusahaan dan berusaha memberikan kepuasan semaksimal mungkin pada pelanggan.

Meski sama-sama berusaha meningkatkan penjualan. Konsep ini mengedepankan apa yang diinginkan oleh pasar, baru setelah diketahui kita buat produk yang diinginkan pasar tersebut. Dalam konsep ini tuntutan pasar yang didahulukan dan produk adalah hasil dari survei pasar tadi.

Konsep yang mana yang lebih unggul? Keduanya memiliki keunggulan akan tetapi konsep pemasaranlah yang lebih fleksibel. Konsep penjualan lebih kaku dalam hal ini karena belum tentu produk yang kita hasilkan disukai oleh pasar. Apalagi dalam konsep pemasaran juga bisa disisipkan konsep penjualan tapi diikuti inovasi agar sesuai selera pasar.

Konsep pemasaran yang saat ini banyak dipraktekkan oleh banyak perusahaan, itulah sebabnya seringkali sebelum memproduksi massal sebuah produk baru perusahaan sering membuat sampel yang dibagikan gratis untuk menguji reaksi dan tanggapan pasar.

Nah, kedua variabel konsep ini bisa dikombinasikan dengan perantara marketing tools. Saat ini kita mengenal strategi push dan pull marketing.

Dalam dunia digital marketing, konsep push biasanya mengarah kepada hard selling, bisa menggunakan ads dengan berbagai macam promosinya untuk mendorong target audiens melakukan transaksi.

Sedangkan konsep pull dalam dunia digital marketing, biasanya mengedepankan citra dan brand awareness, bagaimana mendapatkan referral, pengunjung organik, traffic yang bisa menjadi sebuah nilai konversi atau penjualan.

Sumber berita https://toffeedev.com/perbedaan-konsep-penjualan-dan-konsep-pemasaran/