Halo sobat kampus yuk simak informasi yang dilansir dari @Kemenparekraf. Apa sih yang Sobat cari jika hendak berkunjung ke sebuah destinasi wisata? Kulinernya, cerita adat dan budayanya, atau malah justru mitos-mitosnya? Salah satu cara untuk menarik wisatawan yang memiliki tujuan seperti itu adalah dengan menggunakan pendekatan Storynomics Tourism.
Apa itu Storynomics Tourism? [Pendekatan pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture serta menggunakan kekuatan budaya sebagai DNA destinasi]
Storynomics Tourism digunakan untuk menarik minat wisatawan yang tertarik dengan cerita adat, tradisi, kuliner, dan budaya destinasi wisata lokal.
Penetapan strategi Storynomics Tourism berlandaskan pada kekayaan budaya Indonesia, sehingga nantinya promosi kawasan wisata akan dilakukan dengan narasi story telling yang dikemas dalam konten menarik dengan menceritakan budaya lokal setempat.
Konsep ini menjadi salah satu upaya promosi dan komunikasi dalam membangkitkan sektor pariwisata, terutama pascapandemi Covid-19 yang berfokus pada pariwisata berkualitas. Melalui pendekatan ini, diharapkan bisa meyakinkan wisatawan untuk berkunjung ke sebuah destinasi wisata.