3 Peran Dan Manfaat Akuntansi Dalam Bisnis

peran dan manfaat akuntansi dalam bisnisPeran Akuntansi biasanya sering disebut juga Bahasa bisnis (business language) atau tepatnya sebagai pengambilan keputusan. Seperti perencanaan yang efektif, pengawasan, dan pengambilan keputusan ekonomi yang tepat oleh manajemen merupakan kegunaan informasi akuntansi secara umum. Sehingga peran akuntansi bisa di artikan sesuatu hal yang sangat mempunyai andil dalam bisnis itu sendiri. Sebuah bisnis tanpa akuntansi, pastinya akan tidak akan berjalan dan tidak akan berkembang.

Di artikel manajemen keuangan kali ini akan membahas tentang peran dan manfaat akuntansi dalam bisnis. Untuk itu mari kita simak berbagai peran akuntansi dan manfaat akuntansi yang mempunyai pengaruh besar dalam sebuah bisnis.

Simak peran dan manfaat akuntansi dalam bisnis
Contoh jawaban yang sering kita temui adalah akuntansi selalu memberikan jawaban dari berbagai informasi yang berhubungan dengan berbagai macam kegiatan keuangan dalam bisnis. Dimana berbagai informasi dalam akuntansi akan digunakan seseorang untuk memanajemen sebuah perusahaan.

Bahkan hal lainnya Kegunaan peran akuntansi dalam suatu bisnis tidak hanya dalam hal itu saja. Akuntansi juga dapat memberikan informasi yang tepat untuk berbagai pihak yang ada diluar perusahaan yang terkait. Bagaimana informasi akuntansi tersebut dapat digunakan untuk menilai sebuah kinerja dari perusahaan tersebut dalam menjalankan bisnis.

Oleh karena itu, peranan akuntansi sangat penting sekali dalam sebuah bisnis yang dijalankan oleh pemimpin bisnis, karena akuntansi tersebut mampu menyediakan informasi yang saling berhubungan dengan kegiatan ekonomi yang dijalankan. Dari laporan-laporan keuangan tersebutlah informasi bisnis yang dilakukan dikomunikasikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam perputaran bisnis tersebut.

Peran akuntansi sebagai alat pengontrol dan pengendali keuangan
Pengendalian dan pengontrolan keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah usaha. Karena peran tersebut yang akan membawa bisnis tersebut meraih keberhasilan. Dengan berbagai informasi akuntansi yang diberikan, maka akan dengan mudah perusahaan mengetahui seluk beluk pengelolaan dana yang dilakukan oleh sebuah usaha. Berapa laba yang diperoleh dari bisnis yang dijalankan dan berapa kerugian yang terjadi di sebuah perusahaan.

Peran akuntansi sebagai alat evaluasi perusahaan
Dari semua laporan akuntansi yang sudah dibuat perusahaan, maka laporan tersebut akan memberikan informasi kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya. Dari laporan tersebut, pimpinan perusahaan akan mengevaluasi dan menilai lebih dalam lagi kinerja bisnis yang telah dilakukan. Juga dari informasi tersebut pimpinan perusahaan dapat mengidentifikasi berbagai masalah keuangan yang ada di perusahaan tersebut.

Setelah adanya informasi akuntansi sebagai alat evaluasi bisnis, maka akuntansi juga dapat berperan untuk membuat perencanaan bisnis yang akan dilakukan kedepannya. Dengan cara melihat hasil evaluasi bisnis yang sebelumnya telah dilakukan dalam perusahaan tersebut.

Peran akuntansi sebagai penyimpan aktivitas ekonomi dan aktivitas transaksi
Sistem Informasi Akuntansi, atau bisa disebut juga dengan SIA, berperan untuk mengumpulkan dan menyimpan segala macam aktivitas ekonomi. Terutama segala hal aktivitas transaksi yang sudah dilakukan. Setelah itu, SIA akan memproses data aktivitas transaksi menjadi sebuah informasi yang mampu digunakan untuk proses pengambilan keputusan dan pengontrolan terhadap asset yang dimiliki perusahaan. Agar pemimpin bisnis dapat menerapkan strategi dan juga menetapkan keputusan yang tepat, agar bisnis yang dijalankan mampu berjalan dengan baik.

Sistem Informasi Akuntansi mampu berjalan dengan baik, jika didalamnya terdapat sistem pengendalian intern yang efektif. Keberhasilan yang dihasilkan oleh SIA atau sistem informasi akuntansi, ditentukan oleh seberapa baiknya kualitas dari informasi yang didapat. Maka dari itu, sistem informasi akuntansi yang baik diperlukan untuk menghasilkan kualitas informasi yang nantinya. Sehingga dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengambil sebuah keputusan.

Demikianlah peran dan manfaat akuntansi dalam bisnis atau usaha agar berkembang dengan baik. Simak juga manfaat akuntansi online dalam bisnis yang sudah di jelaskan di artikel sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui peran akuntansi dan manfaat akuntansi dalam bisnis.

Sumber https://www.akun.biz

Copyright © 2018 Pustikom Universitas Bung hatta