×

Error

COM_CWTRAFFIC_MSG_MISSING

Pengendalian Internal

Dunia bisnis yang semakin kompleks dan perkembangan teknologi yang semakin maju tentunya mempengaruhi stabilitas kegiatan di setiap perusahaan atau instansi. Berkat teknologi yang diperbarui, setiap perusahaan mengambil langkah untuk penyesuaian dan menghemat semua sumber daya. Untuk alasan ini, perusahaan harus memiliki pengendalian internal untuk perusahaannya masing-masing.

Pengendalian Internal Adalah ?

Pengendalian internal adalah rencana, prosedur, metode, dan kebijakan yang dikembangkan oleh manajemen untuk memberikan jaminan yang wajar atas efektivitas dan efisiensi operasional, keandalan hubungan keuangan, keamanan sumber daya, dan kepatuhan terhadap kebijakan, undang-undang, dan kebijakan kepada orang lain.

Sistem pengendalian internal juga dikenal sebagai kontrol internal yang merupakan proses yang dipengaruhi oleh personel dan sistem teknologi informasi yang membantu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu.

Sistem ini memainkan peran penting dalam mencegah dan mendeteksi penipuan (fraud) dan melindungi baik fisik (mesin dan properti) dan tidak berwujud (seperti reputasi atau hak kekayaan intelektual seperti merek dagang) sumber daya organisasi.

Pengendalian internal berisi struktur, metode, dan langkah-langkah organisasi yang terkoordinasi untuk menjaga kesejahteraan organisasi, memeriksa kebenaran dan keandalan data akuntansi, dan untuk meningkatkan efisiensi sesuai dengan pedoman manajemen.

Tujuan dari Pengendalian Internal

Berikut adalah tujuan adanya sistem pengendalian internal:
1.    Melindungi kekayaan organisasi
2.    Melakukan pemeriksaan pada kebenaran dan keandalan data akuntansi
3.    Meningkatkan efisiensi operasional
4.    Memberikan kepatuhan dengan pedoman administrasi.

Pengendalian Internal berdasarkan tujuannya dibagi menjadi dua, yaitu:
1.    Pengendalian internal administrasi, yang mencakup struktur, metode, dan tindakan organisasi yang terutama dikoordinasikan sebagai motor untuk kepatuhan terhadap pedoman manajemen.
2.    Pengendalian internal akuntansi, yang mencakup struktur organisasi, metode, dan langkah-langkah yang terutama dikoordinasikan untuk melindungi aset perusahaan dan untuk memverifikasi keandalan data akuntansi.

Ciri-ciri Pengendalian Internal

Pengendalian internal dilakukan dengan delegasi dari otoritas ke pejabat yang bertanggung jawab. Otoritas ini dapat mencakup menyetujui transaksi dan menugaskan tugas untuk mendukung keberlanjutan perusahaan. Hal ini dapat dicapai dengan cara-cara berikut.
1.    Ada pemeriksaan rutin untuk keberadaan kegiatan yang akan direkam.
2.    Membuat laporan akuntansi transparan dan mudah ditinjau.
3.    Adanya beberapa jaminan properti.
4.    Memilih karyawan yang kompeten dan berkualitas berdasarkan tingkat tanggung jawab nya masing-masing.

Komponen dari Pengendalian Internal

Komponen pengendalian internal ada empat, yaitu:
1. Penilaian Resiko
Semua perusahaan pastinya mengalami berisiko, seperti:
•    Perubahan permintaan pelanggan
•    Ancaman kompetitif
•    Perubahan regulasi
•    Perubahan faktor ekonomi
•    Pelanggaran karyawan terhadap kebijakan dan prosedur politik.

Manajemen harus menilai risiko-risiko ini dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengendalikannya sehingga mereka dapat mencapai tujuan dari perusahaan.

Jika risiko dapat diidentifikasi, risiko dapat dianalisis untuk menilai pentingnya risiko dalam menilai kemungkinan risiko itu terjadi. Dan tentukan langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengurangi risiko tersebut.

Misalnya, manajer gudang dapat menganalisis risiko cedera punggung karyawan yang dapat menyebabkan litigasi. Jika manajer percaya bahwa risiko itu penting, perusahaan dapat membeli kembali pekerja gudang dan meminta mereka untuk menggunakan bantuan tersebut.

2. Pengawasan
Suap dan Korupsi adalah dua jenis kejahatan ekonomi yang paling umum di Indonesia, di mana 32,9% perusahaan melaporkan terjadinya kejahatan ini.

Pemantauan sistem pengendalian internal dapat mengungkapkan kelemahan dan meningkatkan efektivitas pengendalian. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan:
•    Sistem kontrol internal dapat dipantau melalui manajemen berkelanjutan atau penilaian terpisah.
•    Upaya pengendalian berkelanjutan meliputi pemantauan perilaku karyawan dan tanda-tanda peringatan dari sistem akuntansi.

Indikator berikut dapat menunjukkan masalah dengan kontrol internal yaitu kriteria untuk pengendalian internal sesuai dengan masalah tersebut

Tanda peringatan tentang perilaku karyawan, yaitu:
•    Perubahan gaya hidup yang tiba-tiba
•    Menutup hubungan sosial dengan pemasok
•    Menolak untuk mengambil cuti
•    Seringkali meminjam uang dari karyawan lain
•    Penggunaan narkoba atau alkohol yang berlebihan

3. Komunikasi dan Informasi
Komunikasi dan Informasi adalah elemen penting dari sistem pengendalian internal. Informasi tentang lingkungan kontrol, penilaian risiko, prosedur pengendalian, dan pemantauan diperlukan agar manajemen perusahaan dapat mengarahkan operasi dan memastikan kepatuhan dengan persyaratan pelaporan, hukum, dan peraturan yang disyaratkan.

Manajemen juga dapat menggunakan informasi eksternal untuk menilai peristiwa dan kondisi yang dapat memengaruhi pengambilan keputusan dan hubungan eksternal.

Sebagai contoh, manajemen menggunakan informasi dari Dewan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia untuk menilai dampak dari kemungkinan perubahan pada standar pelaporan.

4. Lingkungan Pengendalian
Lingkungan pengendalian perusahaan adalah perilaku umum manajemen dan karyawan mengenai pentingnya kontrol. Faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan pengendalian adalah:
•    Filosofi manajemen dan gaya operasi
•    Struktur organisasi perusahaan
•    Kebijakan bisnis.

Manajemen yang terlalu menekankan pentingnya mencapai tujuan operasional dan menyimpang dari kebijakan pengendaliannya dapat secara tidak langsung mendorong karyawan untuk mengabaikan kontrol.

Struktur organisasi perusahaan, yang menyediakan kerangka kerja untuk proses perencanaan dan pengendalian dan mempengaruhi lingkungan pengendalian.

Unsur-unsur dari Pengendalian Internal
Struktur menjadi tanggung jawab yang jelas untuk menjalankan fungsional perusahaan. Struktur organisasi membentuk kerangka kerja untuk pembagian tanggung jawab fungsional ke dalam unit organisasi yang diciptakan untuk melaksanakan kegiatan utama perusahaan. Pembagian tanggung jawab fungsional dalam organisasi ini didasarkan pada prinsip-prinsip berikut:
1.    Fungsi operasi dan penyimpangan dari fungsi akuntansi harus dipisahkan
2.    Tidaklah mungkin untuk menetapkan fungsi yang sepenuhnya bertanggung jawab atas pelaksanaan semua transaksi.

Sistem otoritas dan registrasi yang memberikan perlindungan yang memadai untuk aset, uang, pendapatan, dan pengeluaran. Di dalam organisasi, biaya setiap transaksi hanya berdasarkan persetujuan dari pejabat yang berwenang untuk menyetujui keberadaan transaksi.

Oleh karena itu, sistem harus diterapkan dalam organisasi yang mengatur distribusi otorisasi untuk mengesahkan implementasi setiap transaksi. Praktik yang sehat dalam kinerja fungsi dan fungsi masing-masing unit organisasi, pembagian tanggung jawab fungsional dan sistem agensi, dan prosedur pendaftaran yang ditetapkan.

Hal tersebut tidak akan berfungsi dengan baik jika tidak ada cara untuk memastikan praktik yang sehat ketika diterapkan. Berikut adalah cara perusahaan dapat mempraktikkan praktik yang sehat, yaitu:
1.    Penggunaan formulir nomor seri yang dicetak, penggunaan yang harus dibenarkan oleh pihak berwenang.
2.    Mengontrol dengan tiba-tiba dengan jadwal yang tidak teratur.
3.    Setiap transaksi tidak dilakukan oleh satu orang atau unit organisasi dari awal hingga selesai tanpa campur tangan orang atau unit organisasi lainnya.
4.    Rotasi “tugas kerja” secara rutin, menghindari konspirasi di antara para pejabat dalam melaksanakan tugasnya.
5.    Kewajiban untuk berlibur bagi karyawan yang berwenang.
6.    Secara fisik, korespondensi fisik properti dengan catatannya untuk melindungi properti perusahaan dan untuk memverifikasi keakuratan dan keandalan catatan akuntansi.
7.    Membentuk unit organisasi yang memeriksa efektivitas elemen lain dari sistem kontrol internal.

Mengaitkan karyawan berdasarkan tanggung jawab mereka. Untuk mendapatkan karyawan yang kompeten dan andal, perusahaan harus memilih opsi yang berbeda, seperti:
1.    Pilih karyawan potensial yang berdasarkan persyaratan pekerjaan mereka.
2.    Pengembangan pelatihan karyawan pada karyawan perusahaan sesuai dengan kebutuhan pengembangan pekerjaannya.

Konsep Umum dari Pengendalian Internal
Berikut adalah konsep dasar atau umum dari pengendalian internal:
1.    Pengendalian internal diharapkan memberikan kepercayaan yang wajar, tidak absolut, dalam mengendalikan pengadaan kepada manajemen dan dewan direksi perusahaan karena keterbatasan yang melekat pada semua sistem kontrol internal dan kebutuhan untuk mempertimbangkan biaya dan manfaat yang terlibat.
2.    Pengendalian internal dilakukan oleh orang-orang. Pengendalian internal bukan hanya panduan dan bentuk kebijakan, tetapi orang-orang di berbagai tingkatan organisasi, termasuk dewan direksi, manajemen, dan karyawan lainnya.
3.    Pengendalian internal bertujuan untuk mencapai sasaran dalam kategori pelaporan keuangan, kepatuhan, dan operasi yang tumpang tindih.
4.    Pengendalian internal dalam audit adalah proses pengembangan akuntansi. Pengendalian internal terdiri dari serangkaian langkah komprehensif dan terintegrasi yang tidak ditambahkan ke infrastruktur perusahaan.

Demikianlah artikel tentang Pengendalian Internal ini semoga menambah wawasan baru dan bermanfaat bagi anda, terimakasih.


Sumber https://adalah.co.id

Copyright © 2024 Pustikom Universitas Bung hatta