3 Jenis Ilmu Ekonomi

Print

3 jenis ilmu ekonomiEkonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum".

Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Ilmu ekonomi memerlukan alat analisisi untuk menerangkan dan menguji teori-teorinya. Untuk mendalami ilmu ekonomi secara lebih detail dan lebih lanjut, terdapat tiga analisisi dalam mempelajari ekonomi, yaitu ekonomi deskriptif, teori ekonomi dan ekonomi terapan. Berikut ini penjabaran ketiga jenis ilmu ekonomi tersebut:
Ekonomi Deskriptif
Descriptive Economics atau ekonomi deskriptif menggambarkan keadaan yang sebenarnya wujud dalam perekonomian suatu bangsa. Misalnya krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 di Indonesia. Tugas utamanya mengumpulkan keterangan-keterangan faktual yang relevan dengan masalah ekonomi.

Penjabaran masalah ekonomi menjadi rumit, berkaitan dengan fakta bahwa manusia dipengaruhi banyak faktor dalam perilakunya. Hal ini terjadi karena dalam masyarakat, perubahan-perubahan yang terjadi bersifat kompleks, dan banyak dipengaruhi variabel lain selain ekonomi.

Teori Ekonomi
Economics Theory memberikan pandangan-pandangan yang menggambarkan sifat hubungan yang wujud dalam kegiatan ekonomi, dan ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya mengalami perubahan.

Tugas teori ekonomi adalah memberikan abstraksi dari kenyataan yang terjadi dalam perekonomian. Ekonomi bersifat kompleks untuk itu perlu penyederhanaan dan abstraksi yang dituangkan dalam teori.

Ekonomi Terapan
Ekonomi terapan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijakan-kebijakan yang perlu dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan yang timbul dalam perekonomian.

Aplied Ekonomi atau ekonomi terapan disebut juga ekonomi kebijakan, dengan mengambil konsep dalam teori ekonomi dicoba untuk menerapkannya dalam kebijakan ekonomi dengan tetap memperhatikan pada data dan fakta yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif.

Tujuan-tujuan kebijakan ekonomi antara lain adalah:
1.    Mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat
2.    Menciptakan kestabilan harga
3.    Mengatasi masalah pengangguran
4.    Mewujudkan distribusi pendapatan yang merata


Sumber https://www.anugerahdino.com