Trik Marketing Online Shop untuk Meningkatkan Penjualan

online shop marketingDi jaman serba digital sekarang ini, para pebisnis yang mempunyai usaha offline berlomba-lomba untuk beralih menjadi usaha online. Proses pembelian yang praktis merupakan salah satu keunggulan dari online shop. Akan tetapi, tingkat persaingan pun semakin hari semakin sulit. Oleh karena itu, pebisnis harus mengetahui dan menggunakan strategi marketing yang tepat.

Bagaimana strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan? Simak trik berikut ini :
Mengaplikasikan efek kontras pada penjualan
online

 

Ketika melihat gambar di atas, bisa dipastikan bahwa yang pertama kali kamu lihat ialah titik berwarna hitam. Hal ini wajar karena pada dasarnya manusia lebih tertarik pada segalal sesuatu yang secara visual menonjol dari posisi sekitarnya.

Efek kontras seperti ini dapat diaplikasikan dalam strategi penjualan. Misalnya menggunakan warna hitam untuk harga normal suatu barang dengan warna merah untuk harga discount barang tersebut. Adanya perbedaan warna tersebut menunjukkan fungsi dari kontras sebagai penegasan terhadap perbedaan harga tersebut.

Selain perbedaan warna, efek kontras juga dapat digunakan dengan cara menggunakan ukuran font yang lebih kecil untuk harga discount dan menggunakan ukuran font yang lebih besar untuk harga normal. Trik ini membuat para pembeli tertarik dengan barang yang dijual, karena adanya persepsi bahwa font ukuran kecil menunjukkan harga yang lebih murah.
Menggunakan istilah yang menarik pembeli

Penggunaan kata seperti best seller atau terlaris memancing orang-orang untuk membeli barang tersebut karena ingin menjadi bagian dari tren. Mereka beranggapan bahwa adanya istilah-istilah tersebut berarti barang yang dijual sedang popular dan tentunya mereka tidak ingin tertinggal. Hindari penggunaan kata umum seperti recommended, dan diganti dengan kata “paling banyak dicari” dan “orang yang membeli barang ini juga membeli …” Peran dari kalimat ini, yaitu membangkitkan rasa percaya pada penjual karena mereka berpikir bahwa tokomu terjamin kualitasnya.
Mencantumkan jumlah stok

Secara psikologis, pembeli takut kehabisan barang yang diincarnya. Pencantuman jumlah stok yang tersedia akan membuat konsumen segera membeli dan membayar barang yang masih tersedia. Pencantuman ini juga memperjelas bahwa apabila konsumen tidak segera membeli barang tersebut, maka kemungkinan mereka akan menyesal karena barang tersebut tidak diproduksi lagi.

Nah, itu tadi trik marketing yang dapat kamu terapkan dalam online shop. Selain membaca trik di atas, kamu juga dapat menambah ilmu untuk meningkatkan penjualanmu dengan mengikuti kelas yang telah disediakan oleh Campuspedia loh, sobat.

Sumber https://campuspedia.id

 

Pengunjung

Today11131
Yesterday14274
This week38914
This month214472
Total418010

Who Is Online

80
Online

2020-11-25
Copyright © 2018 Pustikom Universitas Bung hatta