Kunci Keberhasilan Pengembangan SDM

Pelatihan Program Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia - Berdiklat |  Informasi Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia di IndonesiaPengembangan sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu tugas dari divisi human resource di sebuah organisasi atau perusahaan. Program pengembangan SDM biasanya dikaitkan atau digabungkan dengan program pelatihan SDM.

Beberapa industri masih kurang kesadaran akan pentingnya pengembangan karyawan. Padahal bisa jadi penyebab pertumbuhan perusahaan yang kurang lancar adalah minimnya kesempatan berkembang juga pelatihan untuk karyawan.

Mari simak ulasan di bawah mengapa pengembangan SDM itu penting!

Pengertian Pengembangan SDM

Pengembangan SDM berarti sebuah proses yang dilakukan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki sumber daya manusia, baik itu yang bersifat teknikal maupun non-teknikal. Dalam konteks organisasi atau perusahaan, pengembangan SDM adalah program atau kegiatan yang dilakukan HRD untuk mengembangkan kemampuan karyawan agar karyawan memberikan kinerja yang baik untuk membantu pertumbuhan perusahaan.

Simak juga pengertian pengembangan SDM menurut beberapa ahli seperti di bawah.

Teori Pengembangan SDM Menurut Ahli

Priansa (2014:146)
Pengembangan sumber daya manusia dapat dipahami sebagai penyiapan individu karyawan untuk memikul tanggung jawab yang berbeda atau lebih tinggi di dalam organisasi.

Chris Rowley dan Keith Jackson (2012:88)
Pengembangan sumber daya manusia adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengembangkan pengetahuan, keahlian, dan kemampuan pekerja, demikian juga dengan kompetensi-kompetensi yang dikembangkan melalui pelatihan dan pengembangan, pembelajaran organisasi, manajemen kepemimpinan, dan manajemen pengetahuan untuk kepentingan peningkatan kinerja.

Armstrong (1997:507)
Pengembangan sumber daya manusia berkaitan dengan tersedianya kesempatan dan pengembangan belajar, membuat program-program training yang meliputi perencanaan, penyelenggaraan, dan evaluasi atas program-program tersebut.

Prof. T.V. Rao
Pengembangan SDM adalah proses di mana karyawan dalam sebuah perusahaan dibantu secara terencana untuk meningkatkan kemampuan sehingga bisa menyelesaikan berbagai macam tugas yang berhubungan dengan peran mereka di masa depan.

Price (2011:455)
Pengembangan SDM merupakan pendekatan strategis untuk melakukan investasi dalam sumber daya manusia. Pengembangan sumber daya manusia menyediakan kerangka kerja untuk pengembangan diri, program pelatihan dan kemajuan karir yang disesuaikan dengan kebutuhan keterampilan dalam organisasi di masa yang akan datang.

Perbedaan Pengembangan dan Pelatihan SDM
Dalam konteks HR, pengembangan dan pelatihan SDM seringkali disebut bersamaan. Hal ini dikarenakan keduanya berkaitan satu sama lain, namun memiliki konsep yang berbeda. Pengembangan pada umumnya lebih bersifat filosofis dan teoritis, dibandingkan dengan kegiatan pelatihan.

Pengembangan SDM adalah sebuah misi yang dilakukan demi membantu karyawan mencapai potensi maksimalnya. Pelatihan adalah salah satu cara yang diambil sebagai bentuk dukungan pengembangan tersebut.

Mari lihat tabel di bawah untuk lebih jelasnya.

Sumber: Ilmu Manajemen Industri, 2019

Konsep Pengembangan SDM
Pengembangan SDM bertujuan untuk menemukan dan mengeluarkan potensi yang ada pada diri karyawan yang mungkin selama ini masih terpendam, untuk tujuan pengembangan personal dan perusahaan.
Manfaat Pengembangan SDM Di Lingkungan Perusahaan


Pace, Smith and Mills (1991) menyebutkan bahwa tujuan HRD adalah untuk mencapai kualitas kehidupan kerja tertinggi bagi karyawan dan untuk menghasilkan produk dan layanan dengan kualitas setinggi mungkin dalam lingkungan dan konteks organisasi di mana perkembangan terjadi.

Pengembangan SDM dianggap sebagai kunci untuk mencapai produktivitas tinggi, hubungan yang lebih baik antar karyawan dengan perusahaan, serta profitabilitas yang lebih besar untuk setiap perusahaan.

Selain itu, terdapat manfaat dari pengembangan SDM lainnya di lingkungan perusahaan, yaitu sebagai berikut:

• Membuat karyawan lebih kompeten karena mengembangkan kemampuan, pengetahuan dan sikap yang baru
• Membuat karyawan menjadi lebih berkomitmen pada pekerjaan dan perusahaan
• Menciptakan rasa saling percaya dan menghormati antar stakeholder
• Mendorong kemampuan problem solving
• Meningkatkan kerja sama tim sehingga melahirkan budaya efisiensi di dalam perusahaan
Karyawan yang berhasil dikembangkan potensinya dengan baik akan memberikan efisiensi operasional sehingga dapat membantu pertumbuhan perusahaan dan mencapai goal.

Metode Apa Saja yang Tersedia dalam Pengembangan SDM?

Cara-cara yang bisa diterapkan dalam melaksanakan pengembangan SDM bermacam-macam. Pelatihan, pembinaan, job rotation biasanya menjadi pilihan beberapa HR. Mari simak beberapa metode di bawah.

On The Job Training
Program On The Job Training merupakan salah satu metode pelatihan dan pengembangan SDM, dengan tujuan untuk memberikan motivasi lebih tinggi lagi bagi para peserta training untuk belajar dan berlatih. Dalam metode tersebut, para peserta akan diposisikan pada situasi dan tempat kerja yang sesungguhnya. Jadi, bila seorang peserta training melakukan kesalahan, hal tersebut tentu berpengaruh pada kinerja perusahaan tersebut.

Simulasi
Simulasi merupakan bentuk metode pengembangan SDM dengan memanfaatkan mesin-mesin atau peralatan pada kondisi lingkungan tertentu yang dibuat sama atau sesuai situasi kerja yang sebenarnya. Mesin, kondisi lingkungan dan alat yang dibuat adalah tiruan dari keadaan yang sebenarnya. Ini artinya, seperti pelatihan yang diberikan pada calon penerbang, lalu dibuatkan simulasi memakai simulator kokpit pesawat.
Adapun tujuan simulasi itu sendiri ialah agar peserta training lebih menguasai dan lebih akrab betul tentang kondisi kerja yang sebenarnya. Metode simulator tersebut biasanya digunakan dalam bentuk pelatihan tenaga kerja yang membutuhkan keahlian penggunaan mesin atau alat tertentu secara khusus.

Job Rotation
Dalam program job rotation ini, para peserta pengembangan dan pelatihan SDM ini nantinya dimutasikan secara berkala ke unit kerja atau jabatan lainnya. Sehingga, peserta pelatihan dapat memperoleh pengetahuan dan kemampuan secara menyeluruh tentang sebuah perusahaan.

Pendidikan
Pengembangan SDM melalui pendidikan dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan kerja, dalam arti pengembangan yang bersifat formal dan berkaitan dengan karir mereka. Setiap karyawan membutuhkan pendidikan untuk mengatasi berbagai permasalahan pada pekerjaan mereka dengan mudah karena pendidikan mengajarkan langkah dan cara yang digunakan dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Penghargaan
Memberikan penghargaan terhadap karyawan yang berprestasi merupakan salah satu strategi pengembangan SDM. Dengan begitu, karyawan lain akan termotivasi untuk menjadi lebih baik, dan berdampak besar dalam perkembangan perusahaan.

Terapkan Pengembangan SDM dengan Strategis

Setelah mengetahui metode pengembangan SDM seperti di atas, penting juga untuk memikirkan apa yang bisa dijadikan key factor dalam keberhasilan pelaksanaannya. Diperlukan pemikiran strategis dalam melaksanakan program pengembangan SDM. Rangkuman dari beberapa sumber di bawah bisa Anda jadikan pertimbangan.

Prioritas strategis untuk pengembangan SDM menurut Harrison (2005) adalah untuk:
1. Meningkatkan kesadaran akan perlunya budaya belajar yang mengarah pada perbaikan berkelanjutan;
2. Mengembangkan kompetensi manajer untuk terlibat aktif dalam pembelajaran yang mengarah pada penciptaan pengetahuan;
3. Memanfaatkan e-learning untuk berbagi pengetahuan yang ada atau mencari pengetahuan baru.

Harrison juga menyebutkan dasar-dasar yang dapat menguatkan strategi di atas, yaitu:
• Memperjelas misi organisasi/perusahaan
• Perlunya kesepakatan dalam perencanaan dan pelaksanaan antara tim pembuat strategi
• Lebih mendalami core value organisasi dalam membentuk misi pengembangan SDM
• Identifikasi masalah strategis yang dihadapi organisasi

Carter et al (2002) mengatakan bahwa contoh di bawah bisa dipraktikkan dalam strategi program pengembangan SDM:
Sentralisasi
Semua kegiatan pelatihan juga pengembangan dilakukan dan diawasi secara tersentral.

Key person
Menentukan orang atau tim yang mengatur dan mengawasi program pengembangan SDM sangatlah krusial. Sebaiknya dibedakan untuk kategori pengembangan level manajemen dan non-manajemen, agar program lebih terarah lebih baik.

Transparasi
Subjek program pengembangan sebaiknya bersifat terbuka, diselenggarakan kepada semua karyawan yang memungkinkan untuk dikembangkan potensinya tanpa memandag divisi atau unit bisnisnya.

Sharing Pengalaman
Beberapa team leader, manager dari divisi-divisi yang ada di perusahaan mungkin memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih mengenai human resource development. Jangan ragu untuk mendiskusikan cara-cara yang bisa diaplikasikan di perusahaan dengan mereka.

Kesimpulan
Pengembangan SDM adalah salah satu fokus pekerjaan HRD yang perlu dijalankan. Pengembangan SDM berbeda dengan pelatihan yang biasanya terfokus pada pengasahan keterampilan tertentu. Pengembangan SDM adalah sebuah framework yang berisikan rencana, program, kegiatan yang perlu dilakukan demi meningkatkan kualitas SDM di sebuah perusahaan.

Dengan meningkatnya kualitas karyawan, diharapkan karyawan dapat mengeluarkan kinerja yang baik dan menguntungkan bagi laju pertumbuhan usaha organisasi. Namun, untuk mencapai hasil demikian, diperlukan strategi dalam pelaksanaannya.

Pengembangan SDM bisa dicapai dengan beberapa metode umum seperti pelatihan, pembinaan, rekrutmen, pengembangan karir, hingga hal kecil seperti pemberian apresiasi. Di balik metode tersebut, HRD memerlukan key factor lain untuk menentukan program pengembangan SDM yang lebih berhasil.

Strategi untuk Menyukseskan Program Pengembangan SDM
• Melakukan kampanye kesadaran pengembangan diri;
• Menyediakan program e-learning untuk meningkatkan employee experience dan kemampuan teknologi digital;
• Memperkuat misi pengembangan SDM dengan mempertimbangkan core value perusahaan;
• Memperkuat tim pelaksana program pengembangan SDM.

Sumber https://id.hrnote.asia

 

Copyright © 2024 Pustikom Universitas Bung hatta