Kajian Pustaka Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Print

Manajemen Keuangan Itu ada Seninya; Pentingnya Klasifikasi dan Pengaturan  Terhadap KeuanganDefinisi menurut ahli #1
Menurut JF Bradley : Manajemen keuangan adalah bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk penggunaan modal secara bijaksana & seleksi yang seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.


Jika kita pahami lebih dalam, setidaknya terdapat 3 aspek dari definisi diatas yaitu penggunaan modal secara bijaksana, sumber modal dan pencapaian tujuan baik organisasi maupun perorangan. Kenapa perorangan, karena dalam setiap organisasi ada unsur pimpinan dan dalam hal ini bersifat perorangan.


Menggunakan dana dengan bijak tentu tujuannya adalah efisiensi dan efektivitas, sehingga tidak ada penggunaan dana yang serampangan atau semau hati gue.
Untuk mendapatkan modal, bisa dari berbagai sumber seperti pendanaan (funding), pinjaman dari lembaga keuangan yang keduanya bersumber dari eksternal. Sedangkan untuk internal bisa dari penyertaan modal dari pemilik, penyisihan keuntungan perusahaan.


Dalam setiap aktivitas usaha, tentu memiliki tujuan. Sejalan dengan definisi dari manajemen adalah proses atau seni mengelola sumber daya yang dimiliki (orang) atau bawahan untuk mencapai tujuan organisasi atau perorangan.

Definisi menurut ahli #2
Menurut Erlina, SE. Manajemen keuangan merupakan manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan. Fungsi-fungsi keuangan tersebut meliputi bagaimana memperoleh dana (raising of fund) dan bagaimana menggunakan dana tersebut (allocation of fund).


Ahli yang kedua ini mendefinisikan secara gamblang, bukan berarti ahli lain belum gamblang ya. Terdapat 2 point dalam pendefinisian ini yaitu bagaimana memperoleh dana, bagaimana menggunakan dana.


Saya akan lebih kepada bagaimana penggunaan dana karena cara memperoleh dana sudah dijelaskan diatas. Para prakteknya, penggunaan dana seringkali menjadi perbincangan. Jika tidak digunakan dengan bijak, maka akan terjadi pemborosan. Jika terlalu “irit” dalam penggunaan dana, maka hasilnya juga akan semakin terbatas. Lantas seperti apa yang baik?


Menurut pendapat penulis, penggunaan dana yang baik harus dengan perencanaan yang baik, atau bahasa kerennya budgeting. Seringkali ini terabaikan, padahal perencanaan pengelolaan dana bagian penting dari implementasi strategi yang sudah tersusun baik.


Intinya sebaik apapun strategi jika tidak didukung oleh sistem penganggaran yang baik tentang penggunaan dana, maka hasilnya akan menjadi tanda tanya besar. Masa iya hanya mau ambil hasil berlimpah tapi tak mau keluar biaya, gak mungkin banget kan?

Kesimpulan
Dari kedua definisi manajemen keuangan menurut para ahli diatas, dapat kita ambil kesimpulan sebagai berikut. Manajemen keuangan yang baik menitikberatkan pada bagaimana mendapatkan sumber dana, bagaimana mengelola dana yang bijaksana dan bagaimana dana tersebut bermanfaat untuk mencapat tujuan (goal) organisasi atau perusahaan.


Karenanya, manajemen keuangan menjadi elemen penting sebelum mengambil keputusan, karena strategi yang jitu, didukung perhitungan anggaran dan penggunaan dana yang bijak akan mencapai tujuan yang dirumuskan dalam visi dan misi organisasi.

Sumber https://ekonomimanajemen.com