Sebelum belanja, pahami dulu yuk sejarah Hari Pelanggan Nasional yang diperingati hari ini biar wawasan kamu semakin luas. Jangan heran kalau tanggal 4 September ini banyak diskon atau promo di mana-mana. Pasalnya, tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional. Gimana sejarahnya? Yuk, simak ulasannya dalam artikel berikut ini!
Apa Itu Hari Pelanggan Nasional?
Pastinya, banyak di antara kita yang masih asing dengan peringatan Hari Pelanggan Nasional pada 4 September tiap tahunnya. Padahal, masyarakatlah yang menjadi objek dari peringatan tersebut.
Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) merupakan momen dimana para perusahaan di seluruh negeri memberi pelayanan yang istimewa kepada pelanggan.
Ini merupakan hari untuk mengapresiasi, menghormati, dan menghargai loyalitas para pelanggan dari sebuah produk, merek, perusahaan, dan industri lain yang berhubungan dengan layanan dan penjualan.
Bukan hanya perusahaan swasta saja, tetapi juga BUMN pun turut berpartisipasi.
Bentuk pelayanan istimewa yang diberikan untuk pelanggan berbeda-beda. Setiap perusahaan memiliki bentuk apresiasinya masing-masing.
Mulai dari pemberian diskon atau promo sampai para pimpinan perusahaan yang terjun langsung di garda depan untuk menyambut konsumen.
Dengan begitu, diharapkan aspirasi dari konsumen dapat langsung didengar. Ini bisa menjadi motivasi bagi perusahaan supaya menjadi lebih baik lagi.
Sejarah Hari Pelanggan Nasional
Sebetulnya, bagaimana sejarahnya Hari Pelanggan Nasional sampai ditetapkan untuk diperingati setiap tanggal 4 September? Untuk memahaminya, kamu harus tahu sejarahnya terlebih dahulu.
#1 Awal Mula Ide Hari Pelanggan Nasional
Hari Pelanggan Nasional pertama kali dicetuskan oleh Handi Irawan pada tahun 2003.
Ia merupakan seorang pengusaha Indonesia, yang memulai karirnya di dunia pakar pemasaran pada Frontier Consulting Group, sebuah perusahaan riset dan konsultasi marketing yang dirintisnya sejak tahun 1997.
Ia juga dikenal sebagai content & knowledge based speaker terbaik di Indonesia.
Selain itu, Handi Irawan merupakan pemrakarsa dari berbagai penghargaan popular di Indonesia seperti Top Brand Award, IMAC (Indonesia’s Most Admired Companies), ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award), dan Marketing Award.
Saat dicetuskan pertama kali, Ide Hari Pelanggan Nasional ini didukung oleh banyak pihak. Pasalnya, tujuan Hari Pelanggan Nasional cukup menarik.
Harpelnas bertujuan untuk menjadi momen untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.
Tujuan ini tentu saja tujuan yang baik bagi kedua belah pihak, baik perusahaan maupun pelanggan, sama-sama mendapat keuntungan.
#2 Dicanangkan oleh Megawati Soekarno Putri
Pada 4 September 2003 Hari Pelanggan Nasional diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri. Sejak itulah Harpelnas diperingati setiap tanggal 4 September.
Handi pun dijuluki sebagai Bapak Kepuasan Pelanggan oleh Harian Bisnis Indonesia.
#3 Logo Khusus Hari Pelanggan Nasional
Harpelnas memiliki logo. Logonya melambangkan senyum manusia dengan warna dasar hijau. Logo ini dibuat oleh The Best Ad Designer di Indonesia.
Alasan logo ini dibuat adalah mewakili sebuah senyuman tulus yang menandakan sebuah kepuasan.
Sementara itu, pemilihan warna hijau sendiri melambangkan kesejukan, rasa bersahabat, dan keramahan. Sedangkan tipologi huruf kecil melambangkan sifat rendah hati dan keinginan untuk selalu berkembang. Sangat filosofis sekali, kan?
Sumber https://www.finansialku.com