Apa Itu Market Share?

Market Share adalah persentase dari total penjualan dalam suatu industri yang dihasilkan oleh perusahaan tertentu. Pangsa pasar atau Market Share dihitung dengan mengambil penjualan perusahaan selama periode tersebut dan membaginya dengan total penjualan industri selama periode yang sama.

Metrik ini digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan dalam kaitannya dengan pasar dan pesaingnya. Pemimpin pasar dalam suatu industri adalah perusahaan dengan pangsa pasar terbesar.

Kata Kunci Market Share
Pangsa pasar atau Market Share mewakili persentase industri, atau total penjualan pasar, yang diperoleh oleh perusahaan tertentu selama periode waktu tertentu.

Pangsa pasar dihitung dengan mengambil penjualan perusahaan selama periode tersebut dan membaginya dengan total penjualan industri selama periode yang sama.

Metrik ini digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan dalam kaitannya dengan pasar dan pesaingnya.
Memahami Market Share
Pengertian Market Share perusahaan adalah bagian dari total penjualan dalam kaitannya dengan pasar atau industri tempat perusahaan beroperasi. Untuk menghitung pangsa pasar perusahaan, pertama-tama tentukan periode yang ingin Anda periksa. Ini bisa berupa kuartal fiskal, tahun, atau beberapa tahun.

Selanjutnya, hitung total penjualan perusahaan selama periode tersebut. Kemudian, cari tahu total penjualan industri perusahaan tersebut. Terakhir, bagi total pendapatan perusahaan dengan total penjualan industrinya.

Misalnya, jika sebuah perusahaan menjual traktor senilai $ 100 juta tahun lalu di dalam negeri, dan jumlah total traktor yang dijual di AS adalah $ 200 juta, pangsa pasar traktor perusahaan tersebut di AS adalah 50%.

Penghitungan pangsa pasar biasanya dilakukan untuk negara tertentu, seperti pangsa pasar khusus Kanada atau pangsa pasar khusus AS.

Investor dapat memperoleh data pangsa pasar dari berbagai sumber independen, seperti kelompok perdagangan dan badan pengatur, dan seringkali dari perusahaan itu sendiri. Namun, beberapa industri lebih sulit diukur secara akurat daripada yang lain.
Keuntungan Dari Market Share
Investor dan analis memantau kenaikan dan penurunan pangsa pasar atau Market Share dengan hati-hati karena ini dapat menjadi tanda daya saing relatif dari produk atau layanan perusahaan.

Seiring pertumbuhan total pasar untuk produk atau layanan, perusahaan yang mempertahankan pangsa pasarnya meningkatkan pendapatan pada tingkat yang sama dengan total pasar. Perusahaan yang menumbuhkan pangsa pasarnya akan meningkatkan pendapatannya lebih cepat daripada para pesaingnya.

Peningkatan pangsa pasar memungkinkan perusahaan mencapai skala yang lebih besar dengan operasinya dan meningkatkan profitabilitas. Sebuah perusahaan dapat mencoba memperluas pangsa pasarnya, baik dengan menurunkan harga, menggunakan iklan, atau memperkenalkan produk baru atau produk berbeda.

Selain itu juga dapat meningkatkan ukuran pangsa pasarnya dengan menarik audiens atau demografi lain.

Dampak Market Share
Perubahan pangsa pasar atau Market Share memiliki dampak yang lebih besar pada kinerja perusahaan dalam industri yang matang atau siklus dimana terdapat pertumbuhan yang rendah. Sebaliknya, perubahan Market Share berdampak lebih kecil pada perusahaan dalam industri yang sedang berkembang.

Dalam industri ini, perusahaan masih dapat meningkatkan penjualan meskipun mereka kehilangan Market Share. Untuk perusahaan dalam situasi ini, kinerja saham lebih dipengaruhi oleh pertumbuhan penjualan dan margin dibandingkan faktor lainnya.

Dalam industri siklis, persaingan memperebutkan Market Share sangat brutal. Faktor ekonomi memainkan peran yang lebih besar dalam varians penjualan, pendapatan, dan margin, lebih dari faktor lainnya.
Margin cenderung rendah dan operasi berjalan dengan efisiensi maksimum karena persaingan. Karena penjualan mengorbankan perusahaan lain, mereka berinvestasi besar-besaran dalam upaya pemasaran atau bahkan pemimpin yang merugi untuk menarik penjualan.

Bagaimana Perusahaan Dapat Meningkatkan Market Share?
Perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar atau Market Share-nya dengan menawarkan teknologi inovatif kepada pelanggannya, memperkuat loyalitas pelanggan, mempekerjakan karyawan berbakat, dan memperoleh pesaing.

Teknologi baru
Inovasi adalah salah satu metode dimana perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar atau Market Share. Ketika sebuah perusahaan membawa ke pasar teknologi baru yang belum ditawarkan pesaingnya. Konsumen yang ingin memiliki teknologi tersebut membelinya dari perusahaan itu, bahkan jika mereka sebelumnya melakukan bisnis dengan pesaing.

Banyak dari konsumen tersebut menjadi pelanggan setia, yang menambah pangsa pasar perusahaan dan menurunkan pangsa pasar perusahaan tempat mereka beralih.

Kesetiaan pelanggan
Dengan memperkuat hubungan pelanggan, perusahaan melindungi pangsa pasar atau Market Share mereka yang ada dengan mencegah pelanggan saat ini melompat dari kapal ketika pesaing mengeluarkan penawaran baru yang panas.

Perusahaan dapat menumbuhkan pangsa pasar dengan menggunakan taktik sederhana yang sama. Karena pelanggan yang puas sering kali membicarakan pengalaman positif mereka kepada teman dan kerabat yang kemudian menjadi pelanggan baru.

Memperoleh pangsa pasar dari mulut ke mulut meningkatkan pendapatan perusahaan tanpa peningkatan biaya pemasaran secara bersamaan.
Karyawan Berbakat
Perusahaan dengan pangsa pasar tertinggi di industrinya hampir selalu memiliki karyawan yang paling terampil dan berdedikasi. Memiliki karyawan terbaik mengurangi biaya yang terkait dengan pergantian karyawan dan pelatihan, dan memungkinkan perusahaan mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk fokus pada kompetensi inti mereka.

Menawarkan gaji dan tunjangan yang kompetitif adalah salah satu cara yang terbukti untuk menarik karyawan terbaik. Namun, karyawan di abad ke-21 juga mencari manfaat tidak berwujud seperti jadwal fleksibel dan lingkungan kerja kasual.

Akuisisi
Terakhir, salah satu metode paling pasti untuk meningkatkan pangsa pasar adalah mengakuisisi pesaing. Dengan demikian, perusahaan mencapai dua hal. Ini memanfaatkan basis pelanggan yang ada dari perusahaan yang baru diakuisisi, dan itu mengurangi jumlah perusahaan yang berjuang untuk sepotong kue yang sama per satu.

Eksekutif yang cerdik, baik yang bertanggung jawab atas bisnis kecil atau perusahaan besar, selalu memperhatikan kesepakatan akuisisi yang baik ketika perusahaan mereka dalam mode pertumbuhan.


Sumber https://blog.pluang.com

Copyright © 2024 Pustikom Universitas Bung hatta