Strategi Menghadapi Resesi Untuk Perusahaan

Resesi yang terjadi di tahun 2008-2009 mungkin telah terjadi hampir satu dekade yang lalu. Tetapi hal tersebut masih menjadi kenangan yang menyakitkan bagi banyak pengusaha. Baru-baru ini, penurunan harga minyak telah menyebabkan perlambatan di berbagai sektor produksi yang telah merugikan pemilik usaha.

Sayangnya, penurunan ekonomi merupakan fakta kehidupan yang pasti terjadi ketika Anda menjalankan sebuah bisnis. Tetapi ada beberapa langkah yang dapat di ambil untuk mempersiapkan bisnis Anda agar mampu menghadapi berbagai masalah yang mungkin akan muncul di kemudian hari.

Tom Corner, seorang ekonom di Business Development Bank of Canada (BDC), menyebutkan jika pengusaha sebetulnya tahu mereka harus siap menghadapi masa-masa sulit, tetapi mereka tidak selalu mengambil langkah-langkah yang diperlukan. Nah, berikut beberapa cara untuk menghadapi resesi perusahaan, diantaranya.

1. Tumbuhkan Basis Pelanggan

Sulit untuk menekankan pentingnya meningkatkan jumlah pelanggan yang Anda miliki. Menurut sebuah studi BDC, hampir satu dari enam bisnis yang sudah mapan bisa mengalami kesulitan keuangan karena kehilangan satu klien. Seringkali, bisnis tidak siap untuk menghadapi kehilangan klien atau bahkan kontrak terbesar mereka.

2. Fokus pada Finansial

Manajemen keuangan yang solid sangat penting untuk memastikan perusahaan Anda siap menghadapi krisis ekonomi. Pengusaha perlu memiliki sistem peringatan dini untuk memberi tahu mereka ketika ada masalah, sebagaimana yang diungkapkan oleh Konsultan Bisnis BDC Alka Sood.

Angka-angka tersebut akan memberi tahu Anda kebenaran tentang bisnis yang Anda jalankan dan Anda perlu memaksimalkannya. Sood merekomendasikan agar setiap pengusaha membuat perencanaan arus kas. Untuk melakukannya, bisa dengan menggunakan spreadsheet untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran yang diproyeksikan untuk 13 minggu ke depan dan kemudian memperbaruinya setiap minggu.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengetahui kapan pembayaran dari yang diharapkan serta kapan pemasok harus dibayar. Anda kemudian dapat merencanakan periode arus kas secara ketat, proyek mendatang, hingga kebutuhan pembiayaan lainnya. Sood juga merekomendasikan agar setiap pengusaha membuat laporan keuangan. Yang beda menunjukkan empat atau lima indikator kinerja utama pada kesehatan keuangan bisnis Anda.

3. Tawarkan Produk dan Layanan yang Baru

Sangat mudah bagi pemilik bisnis untuk merasa nyaman dengan produk atau layanan yang telah sukses sebelumnya. Namun, dengan memperluas line-up Anda, ini mungkin bisa menjadi kunci untuk bertahan selama kondisi resesi berlangsung.

Anda tak perlu membuat sesuatu yang sama sekali baru. Sebaliknya, Anda mungkin dapat menggunakan kembali produk Anda untuk pasar yang lain. Misalnya, produk manufaktur yang digunakan di sektor minyak dan gas bisa efektif di sektor lain hanya dengan melakukan beberapa perubahan. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki serangkaian produk dan layanan dapat menjadi bentuk diversifikasi yang cukup penting.

4. Perluas Jangkauan Hingga Internasional

Ekspansi internasional menjadi salah satu cara hebat lainnya untuk mendiversifikasi bisnis Anda. Jika penjualan Anda menurun di dalam negeri, Anda mungkin dapat menutupi kekurangan pasar dengan pertumbuhan yang lebih kuat.

Melalui ekspor, ini akan mampu membuka banyak peluang bisnis yang baru. Pasar-pasar itu, pada gilirannya, dapat menjadi landasan bagi pertumbuhan pasar agar mampu berkembang lebih tinggi.

Namun ekspansi internasional membutuhkan perencanaan dan riset pasar yang cermat. Agar, bisnis bisa berkembang dengan lebih maksimal sesuai keinginan.

5. Uji Tekanan Bisnis Anda

Ketika resesi terakhir terbukti dan terjadi, beberapa keadaan tidak dapat diprediksi sebelumnya. Itulah mengapa penting untuk menjalankan berbagai skenario sekarang, termasuk bagaimana Anda menangani penurunan secara tajam dalam hal penjualan. Saat Anda berada di sana, lihat berbagai skenario krisis dan bencana. Serta buat rencana darurat agar bisa mengatasinya di saat yang tepat.

6. Kendalikan Arus Kas pada Bisnis

Banyak pemilik bisnis yang terkejut karena tidak memiliki kendali atas arus kas mereka atau bahkan mengetahui jumlahnya. Karenanya, tidak mengherankan jika 82% bisnis mengalami kegagalan karena masalah arus kas, seperti yabg diungkapkan dalam sebuah studi oleh US Bank. Pastikan Anda tahu angka-angka dalam arus keuangan bisnis Anda sekarang. Kemudian ciptakan visi dan rencana laba yang jelas untuk masa depan. Termasuk di mana Anda akan meletakan tuas poin agar mampu mendorong atau menarik kembali tergantung pada situasi ekonomi.

7. Bangun Beberapa Aliran Pendapatan

Salah satu cara utama untuk menghadapi resesi untuk bisnis Anda ialah dengan memiliki banyak aliran pendapatan lebih dari satu. Gunakan berbagai cara untuk menghasilkan pendapatan dengan berbagai titik harga. Hal ini diperlukan untuk mempertahankan penghasilan Anda, terlepas dari adanya masalah ekonomi.

Menggunakan hal-hal seperti afiliasi marketing, produk digital dan fisik, grup keanggotaan bulanan atau langganan, konsultasi tatap muka, pendapatan iklan, hingga konten bersponsor. Semua hal tersebut bisa sangat membantu Anda jika perekonomian mengalami penurunan. Anda tentu tak ingin terperangkap dalam satu kondisi namun tidak mampu melakukan pergeseran atau inden. Sehingga berbagai aliran pendapatan akan mampu membantu bisnis Anda tetap fleksibel dan dapat bertahan mana kala resesi terjadi

8. Bangun Hubungan dengan Klien

Investasikan secara maksimal dalam hubungan Anda bersama klien. Fokus pada pelanggan terbaik Anda saat ini daripada menginvestasikan sejumlah besar uang untuk menarik klien baru. Ketika Anda memberikan hasil dan pengalaman terbaik untuk basis pelanggan Anda yang sudah ada saat ini, maka pelanggan akan puas. Dan hal ini bisa menjadi sumber penting untuk memperoleh klien baru juga.

Pemilik bisnis biasanya kerap mengabaikan hal ini karena lebih fokus untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Tetapi jangan pernah meremehkan hubungan Anda dengan klien yang sudah ada, yang menjadi pelanggan setia dan mempercayai Anda juga bisnis Anda. Jauh lebih mudah untuk mendapatkan klien tetap, dengan memberikan layanan yang maksimal dan memenuhi janji Anda. Hal ini juga jauh lebih murah dibandingkan memasang iklan di media sosial atau elektronik agar bisa mendapatkan klien baru.

Manfaat tambahan lainnya, klien yang puas bisa juga bertindak sebagai brand ambassador untuk bisnis Anda. Dengan kata lain, mereka akan berbagi tentang pengalamannya menggunakan produk atau layanan Anda dengan senang hati pada pelanggan potensial lainnya. Tanpa perlu diiming-imingi imbalan atau hadiah tertentum Dan pada gilirannya, hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan konverai penjualan baru dengan biaya yang jauh lebih rendah.

9. Bangun Bisnis dengan Tujuan yang Jelas

Bangun bisnis Anda dengan tujuan yang jelas, misalnya untuk menjualnya. Bukan berarti Anda harus sungguh-sungguh menjualnya, hanya saja Anda ketika berpikir demikian, ini akan membantu Anda membangun bisnis tersebut dengan tekun. Untuk seorang pemilik bisnis, hal tersebut berarti Anda harus benar-benar memahami bisnis yang Anda dan siapa yang Anda layani, serta sistem dan proses di setiap bagian dari mesin bisnis Anda harus dilakukan dengan bagaimana.

Itulah yang membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk mundur dan memegang visi sebagai CEO. Ketika Anda menjadi pengemudi di bisnis Anda sendiri, Anda lebih baik mengawasi dasbor saat Anda mengendalikan naik turunnya ekonomi yang mungkin dapat berimbas di bisnis.

10. Buat Koneksi yang Lebih Dalam

Salah satu cara terbaik untuk sebuah bisnis dapat menghindari resesi ialah dengan menemukan cara untuk menunjukan jati diri secara unik. Misalnya saja, di luar sana banyak sekali bisnis coffee shops dan semuanya tampak sama dan standar. Bagaimana jika salah satunya kemudian mengubah beberapa hal, seperti nama brand, nama produk, menambahkan area untuk anak-anak, hal tersebut akan jadi coffee shop khusus untuk para orang tua.

Hal tersebut akan membuat bisnis berbeda dan bahkan mampu menarik minat pengunjung yang sesuai dengan identitas tertentu, dalam hal ini adalah untuk orang tua. Kebanyakan orang akan tetap menghabiskan uangnya meski di saat resesi. Namun, mereka hanya akan memilih bisnis yang sesuai dan nyambung dengan karakter mereka.

11. Dapatkan Pendanaan Sebelum Benar-benar Membutuhkannya

Pemberi pinjaman sudah berbicara tentang persiapan untuk resesi berikutnya. Sementara Anda dapat bertaruh bahwa salah satu hal pertama yang akan mereka lakukan ketika mulai adalah mulai memperketat standar pinjaman. Jadi, tips terpenting ialah amankan pembiayaan bisnis Anda sekarang. Bahkan, pandai-pandailah untuk mencari sumber pendanaan sebelum Anda sangat membutuhkannya. Pendanaan berbiaya terendah, seperti pinjaman dengan jaminan, pinjaman bank, atau bahkan crowdfunding, seringkali membutuhkan waktu untuk mendapatkannya. Sekarang adalah saat yang tepat untuk mengumpulkan dokumentasi, seperti salinan laporan pajak atau laporan keuangan lainnya. Kemudian mengatasi masalah apa pun dengan kredit pribadi atau bisnis Anda dan mengevaluasi opsi Anda.

Sementara Anda berada di sana, dapatkan kartu kredit bisnis jika Anda mengandalkan kredit pribadi. Banyak kartu kredit bisnis tidak melaporkan aktivitas kepada laporan kredit pemegang kartu (kecuali jika terjadi gagal bayar) dan juga membantu kredit bisnis. Jika Anda perlu membawa saldo sementara, katakanlah jika klien mulai membayar lebih lambat, mungkin lebih baik untuk kegiatan itu untuk tidak melaporkan laporan kredit pribadi Anda sehingga tidak memengaruhi nilai kredit pribadi Anda.

12. Integrasi Horisontal

Bisnis yang terintegrasi secara horisontal dapat membangun portofolio penawaran yang beragam. Hal ini dapat bertindak sebagai peredam terhadap guncangan ketika resesi terjadi. Jika kita berpikir kembali mengenai perusahaan yang bergerak dibidang barang konsumen, mereka menawarkan produk yang menyentuh hampir setiap bagian rumah. Hal ini memberi mereka kemampuan lebih untuk menyerap kejutan.

Integrasi vertikal secara khusus berguna bagi perusahaan yang ingin membangun biaya, atau keunggulan kualitas, melalui pengontrolan yang ketat pada rantai produksinya. Kerugian dari pendekatan semacam itu adalah bahwa dalam melakukan hal itu di daerah tertentu, mereka seperti memasukkan telur mereka ke dalam satu keranjang yang berbeda.

Ketika kita melihat bisnis melakukan investasi abstrak di area yang berbeda, atau mengakuisisi perusahaan di bidang lain, itu adalah contoh dari mereka yang memperluas wawasan mereka dan mengembangkan lebih banyak pendekatan portofolio untuk menyebarkan risiko yang ada. Harus ada alasan yang valid untuk investasi dan dengan sinergi yang jelas dengan bisnis utama.

13. Buat Permintaan Inelastis

Jika bisnis Anda secara sah menyediakan kebutuhan hidup atau kemewahan yang terkenal, maka Anda akan berada dalam posisi beruntung memiliki karakteristik permintaan yang tidak elastis. Bagi yang lain, frase kunci untuk fokus adalah membangun loyalitas. Pada tingkat yang sangat dasar, ini dapat diukur secara terus menerus melalui skor NPS dan secara aktif merespon umpan balik.

Pada tingkat yang lebih fungsional, lihat skema loyalitas dan penghargaan untuk layanan berkelanjutan. Program-program frequent flyer diperkenalkan oleh penerbangan hampir setengah abad yang lalu telah dibesarkan fanatik loyalitas dan efek gamification dari pelanggan mereka yang telah sukses untuk penerbangan.

Cobalah untuk menciptakan cara-cara yang secara alami meningkatkan pengalaman pelanggan semakin banyak layanan yang digunakan. Saran algoritmik tentang layanan streaming, checkout satu-klik, dan penawaran khusus yang sesuai dengan perkiraan hari pembayaran adalah semua cara perusahaan membuat parit data dengan menggunakan tren untuk meningkatkan kemudahan layanan pelanggan yang ada.

 

Jangan Terjebak di Tengah Keadaan

Salah satu prinsip inti strategi bersaing dari Michael Porter adalah bahwa perusahaan tidak dapat menjadi segalanya bagi semua orang dan harus fokus memimpin. Baik melalui kepemimpinan biaya atau diferensiasi kualitas. Memiliki keunggulan yang jelas dari salah satu sisi ini akan memastikan bahwa bisnis tetap berada di jalan yang benar dan akan mempertahankan loyalitas pelanggan selama resesi sehingga membuat perusahaan mampu bertahan selama resesi berlangsung.

Sumber https://www.simulasikredit.com

Copyright © 2024 Pustikom Universitas Bung hatta