Hal Yang Fresh Graduate Bisa Lakukan Setelah Kuliah

Print

Lulus kuliah tepat waktu, bisa wisuda, lalu tidak lama dapat panggilan kerja, dan dapat pengalaman kemudian buka bisnis sendiri. Wow menjadi mimpi hampir semua fresh graduate ya, Sobat Entrepreneurs.

Sayang, terkadang prosesnya tidak semulus yang kita kira ya. Panggilan kerja pun terkadang tidak kunjung datang.
Gimana kalau sambil menunggu panggilan kerja, diisi dengan kegiatan yang mampu meningkatkan produktivitas? Yuk kita simak.


1. Ikut Komunitas
Gak ada salahnya lho ikut komunitas yang kamu sukai, misalnya komunitas puisi, fotografi, atau seni lainnya. Melalui komunitas, kita bakal menemukan banyak pengalaman baru, mulai dari berorganisasi, menggeluti passion, dan juga mengasah soft skills Sobat tentunya.

Selain bisa menambah ilmu, kalian juga bisa bertukar ide dengan teman-teman komunitas lainnya. Jadi, jangan selalu anggap remeh ya, siapa tahu komunitas Sobat bisa masuk ke media dan menambah portfolio Sobat.


2. Belajar Bisnis Mulai dari Skala Kecil
Tidak ada salahnya untuk memulai sesuatu dari hal kecil. Begitupun untuk berbisnis. Membuka usaha kecil-kecilan juga menjadi solusi bagi sobat untuk mengisi waktu luang lho.

Sobat bisa mencoba jual makanan hingga mencoba jasa titip yang lagi trend. Selain itu, kalian juga dapat meningkatkan skills marketing, kan! Lumayan banget sobat, mantengin gadget malah dapat duit! Kapan lagi?
3. Magang dulu ga masalah kali.


Belum dapat kerjaan full time? Jangan cuma nunggu dan pasrah dong sobat. Magang bisa jadi solusinya! Tahu gak sih sobat, magang juga melatih kemampuan kita dalam menghadapi dunia kerja.


Keuntungan yang didapat setelah magang bisa Sobat terapkan di kehidupan dan menjadi pembelajaran dalam membangun sebuah usaha. Sobat bisa mengerti tentang kekuatan dan kelemahan di dalam suatu perusahaan tersebut.


4. Ikut Kegiatan Volunteer
Mengikuti kegiatan aksi sosial atau bakti sosial juga tidak ada ruginya, Sobat! Di sini sobat bakal belajar tentang banyak hal, mulai dari kerjasama, menjalin relasi, problem solving, dan juga tentang membangun kepribadian.


Selain itu, menjadi volunteer bakal meningkatkan kemampuan sosialisasi sobat lho! Bagaimana, sudah tertarik ikut aksi sosial.


5. Mengikuti Workshop yang Sobat senangi
Belajar dari ahlinya memang perlu ya! Hal tersebut akan kalian dapatkan jika mengikuti workshop nih.

Disini sobat akan mendapatkan insight dari pakarnya langsung dalam menghadapi suatu permasalahan.


Biasanya, peserta workshop bakal diberi kesempatan untuk melakukan tanya-jawab juga lagi.

Sumber https://kumparan.com