Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Dr. Boy Yendra Tamin, S.H., M.H, Hari ini kamis, 23/2/2024 akan melantik Prof. Dr. Diana Kartika sebagai Rektor Universitas Bung Hatta periode 2024-2028 di Bung Hatta Convention Hall, Kampus 1 Universitas Bung Hatta Ulak Karang.
Prof. Diana Kartika dilantik sebagai Rektor ke-11 Universitas Bung Hatta berdasarkan Surat Keputusan Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Nomor : 04/SK/YPBH/II-2024, tentang pengangkatan Rektor Universitas Bung Hatta periode 2024-208, menggantikan Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E, MBA.
Pengangkatan Prof. Dr. Diana Kartika sebagai Rektor Universitas Bung Hatta telah melalui proses mekanisme internal mulai dari penjaringan, penyampaian visi dan misi serta sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan yayasan.
Dengan terpilih dan akan dilantiknya Prof. Diana Kartika sebagai Rektor Universitas Bung Hatta, akan termasuk salah satu dari deretan Rektor Perempuan di Indonesia dan pertama di Universitas Bung Hatta.
Profil Singkat
Prof. Diana Kartika, kelahiran Palembang, Sumatera Selatan. menempuh pendidikan SD, sampai SMA di Palembang. Kemudian, ia melanjutnya studi S-1 ke Universitas Indonesia. Awal karier Prof. Dr. Diana Kartika dimulai tahun 1992 menjadi Dosen PNS-DPK di Program Studi Sastra Jepang Universitas Bung Hatta.
Melanjutkan kuliah S-2 dan S-3 pada Jurusan Pendidikan Bahasa di Universitas Negeri Jakarta. Tahun 2013-2016, ditunjuk sebagai Ketua Program Studi Sastra Jepang di Fakultas Ilmu Budaya. Kemudian pada tahun 2016-2020, ia dipercaya sebagai Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan, kerja sama, dan alumni. Tahun 2017, Prof. Diana Kartika dipercaya oleh Kepala Kopertis Wilayah X, yang sekarang menjadi LLDikti Wilayah X, menjadi Chief Editor Jurnal Kata (Jurnal Penelitian Ilmu Bahasa, Sastra dan Seni).
Istri dari Ir. Weno Aulia ini dikaruniai 2 orang anak yang telah bekerja di Sekretariat ASEAN dan di lamudi.com, disebuah perusahaan digital bergensi di Jakarta. Tepat pada tanggal 1 Desember 2019 berhak menyandang gelar Profesor/Guru Besar dalam Bidang Pendidikan Bahasa Jepang berdasarkan SK: 1727/A3/KP/2020 tentang kenaikan jabatan akademik/fungsional dosen Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Disela berbagai kesibukannya diberbagai organiasasi, Prof.Diana Kartika sebagai akademisi telah mempublikasikan lebih dari 30 artikel ilmiah di berbagai jurnal internatioanal dan nasional serta diberbagai prosiding.
Sebagai salah satu dari 1001 Tokoh Orang Minang yang berpengaruh didunia, yang tercantum dalam buku Ensiklopedia Tokoh 1001 Orang Minang, Prof.Diana Kartika, dalam lima tahun terakhir telah menerbitkan beberapa buah buku.
Selain sering diundang sebagai pembicara diberbagai seminar International dan nasional, sederet penghargaan juga pernah diraih, salah satu diantaranya adalah penghargaan Satyalancana Karya Satya XX oleh Presiden RI tahun 2015.
Sumber : https://bunghatta.ac.id/news-4188-profdr-diana-kartika-akan-dilantik-sebagai-rektor-universitas-bung-hatta-yang-ke-11.html
Duration of Support
The scholarship starts from the 2nd year up to the standard duration of the study (S1 = 2nd – 4th year, D3 = 2nd – 3rd year), unless he/she is underperforms (IPK < 3.00), on leave, no confirmation of fund recipient and no news within a certain period of time, will get no scholarship during those period.
Requirements for applying scholarship
a. 1st – 3rd year students of S1 and 1st – 2nd year students of D3
b. Age not more than 27
c. Financially deprived (stated in SKTM and/or Recommendation Letter of financial condition issued by the University)
d. IPK ≥ 3.00
e. Disciplines: Accounting, Agriculture, Fishery, Animal Husbandry, Architecture, Arts and Cultures, Arts and Design, Biology, Chemistry, Communication, Economics, Education, Engineering, English, Financial Management, Forestry, Geography, Sociology, Anthropology, Health/Medicine, History, Technology/ICT, Management, Mathematics, Physics, Statistics, Technic/Technology, Law.
f. Active in organization and/or social-community
g. Proficient in English will be an advantage
h. Do not receive any other scholarship
Amount of Scholarship and Benefits
a. DR 750.000,- will be paid directly to the grantees’ bank account every month on the same date (not applicable due to Saturday/Sunday and Public Holiday)
b. One time TOEFL Bonus (if any) and on time Graduation (exam) Bonus
c. Free to join Capacity Building (to be selected), which held by Van Deventer-Maas Indonesia
Enrolment Application Process
Van Deventer-Maas Scholarship enrolment must be completed by online through
ers.vdms-scholarship.org. You can download the required documents checklist form when you are completing the online registration. If you are invited to continue the process to the second step, then you must submit the complete required documents to the Person in Charge in your university.
Required documents:
Prepare soft files in .jpg or .pdf format with a maximum file 500kb)
2. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) from Kelurahan or Recommendation letter which stating your family’s economy condition from the School/University (Rector/Dean/Head of Study Program Department).
3. The latest academic transcript / IPK (≥ 3.00)
4. Parents’/guardian official income statement (for Institution/Private officers) at least the last 2 months.
5 Parents’/guardian statement of work & income (for Entrepreneur) signed and sealed with meterai 10.000, and legalized by Kelurahan.
6. Copies of ID (KTM and KTP).
7. Copy of Family Card (KK)
8. Copy of Bank Account (the front page of your own bank book) - Only for Selected students
9. Electricity bill (at least the last 2 months bill) or electricity bill statement that signed and legalized by kelurahan if you can not get the bill or you do not use electricity
10. An essay about yourself (include family, study and social activities), what do you know about Van Deventer-Maas Indonesia, why VDMS have to choose you to be one of the grantees; what is the advantage for you if you were chosen as grantee; and what will you do for the society after you received the scholarship. (Minimum 1,5 pages of A4, Font: Times New Roman, font size 11, and 1spacing).
The University will send the documents to the office of Yayasan van Deventer-Maas Indonesia in Yogyakarta to be selected, comply with the above requirements. An agreement will be signed between you and the University on behalf of Yayasan van Deventer-Maas Indonesia upon approval.
for further information:
Online registration will be open on 10th February – 10th March 2024
Penyerahan Berkas ke PIC Universitas Bung Hatta paling lambat tanggal 7 Maret 2024
sumber : https://kms.bunghatta.ac.id/berita-beasiswa-van-deventermaas-indonesia-tahun-2024.html
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta Dr. Erni Febrina Harahap, S.E., M.Si menandatangani naskah Perjanjian kerjaSama (PKS) dengan Kepala Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam Yerison Buchari S, S.T.,M.Si di Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam di Lubuk Basung, Senin (05/02-2024).
Penandatanganan naskah Perjanjian Kerjasama tersebut juga dihadiri oleh ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan Nurul Huda, S.E., M.Si dan didampingi Dosen Ekonomi Pembangunan Dr. Alvis Rozani, M.Si. Ruang lingkup dari Perjanjian kerjasama tersebut untuk program kegiatan Magang atau praktek Kerja, Program kegiatan penelitian atau riset dan publikasi ilmiah bidang ekonomi dan bisnis, Program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bidang ekonomi dan bisnis, Program pengembangan sumber daya manusia melalui seminar, workshop, diskusi, dialog dan cara lain yang disepakati bersama, Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), Kegiatan lain yang menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta, Dr. Erni Febrina Harahap, S.E., M.Si berharap, semoga kerja sama ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan program-program yang telah disepakati.(*ZF)
Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun
Sehubungan dengan surat dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia mengenai pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pendanaan Tahun 2024, maka perlu disampaikan beberapa ketentuan yang dapat dijadikan sebagai pedoman dan acuan sebagai berikut:
3. Dosen dan Mahasiswa peserta Sosialisasi PKM Tahun 2024 mengisi konfirmasi kehadiran di
http://s.id/konfirm-sos-pkm24 paling lambat 5 Februari 2023
4. Proposal PKM disusun secara kelompok yang terdiri dari 3 s.d. 5 mahasiswa.
6. Review Proposal PKM tahun 2024 oleh Reviewer Universitas dari tanggal 12-19 Februari 2024.
7. Operator mengunggah dokumen berita acara evaluasi internal dan surat komitmen dana tambahan paling lambat tanggal 22 Februari 2024 pukul 23:59 WIB.
9. Dosen dan pimpinan perguruan tinggi melakukan validasi paling lambat tanggal 2 Maret 2024 pukul 23:59 WIB.
sumber : https://kms.bunghatta.ac.id/berita-pelaksanaan-program-kreativitas-mahasiswa-pkm-tahun-2024.html