Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah yang berlangsung di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi Gedung 3 Blok A Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Jumat (15/04/2016).


Ketua pelaksana, Yeasy Darmayanti, SE., M.Si., Ak, CA menyampaikan kegiatan ini menjadi bagian program jurusan dalam memberikan motivasi dan kiat-kiat kepada dosen untuk terus meningkatkan hasil luaran penelitian yang berupa artikel ilmiah sehingga jumlah publikasi dosen terus meningkat. Workshop ini tidak hanya untuk dosen jurusan Akuntnasi saja, namun untuk semua dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta.

“Semakin banyak jumlah artikel ilmiahnya yang publikasikan maka akan mempermudah dalam pengurusan kenaikan pangkat dosen ke Dikti. Dengan mengikuti workshop ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas dosen dalam menulis melaksanakan tridharma perguruan tinggi terutama dalam hal penelitian dan publikasi,” sebutnya.

Dekan Fakultas Universitas Bung Hatta Yuhelmi, SE, MM saat membuka kegiatan ini mengatakan saat ini fakultas sangat mendukung kegiatan ini sebab menulis artikel ilmiah menjadi kewajiban bagi dosen dalam melaksanakan kegiatan tridharma perguruan tinggi. Artikel ilmiah merupakan output dari kegiatan penelitan yang harus dipublikasikan ke dalam jurnal nasional dan internasional baik terindeks atau tidak maupun terakreditas atau tidak.

“Sekarang ini banyak kesempatan bagi dosen peneliti untuk memperoleh hibah penelitian baik yang didanai oleh Kemenristekdikti atau universitas serta berbagai peluang mendapatkan dana hasil penelitian dari pemerintah. Selama ini belum banyak dosen yang menulis artikel ilmiah di jurnal internasional, dengan kegiatan ini dapat membantu dosen untuk memperoleh kiat dan trik agar bisa tembus di jurnal internasional,” imbuhnya.

Dengan dimoderatori oleh Dr. Dwi Fitri Puspa, SE, M.Si, Ak, workshop ini menghadirkan dua pembicara yaitu Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Hendra Suherman, ST, MT dan akademisi Universitas Andalas Ir. Elita Amrina, M.Eng, Ph.D, IPM.

Dr. Hendra Suherman, ST, MT membahas mengenai kiat-kiat tembus jurnal yang terindeks, bagaimana cara mencari jurnal internasioanl yang sesuai dengan bidang keahlian, melihat kriteria jurnal internasional berdasarkan Ristekdikti hingga ketentuan dalam memperoleh penghargaan publikasi ilmiah internasional bereputasi.

“Banyak jurnal yang terindeks namun minimal pilih jurnal yang terindek oleh scorpus. Dalam menulis artikel ilmiah harus sesuai dengan jenis jurnalnya dan kajian yang dilakukah harus terbaru serta menggunakan refernsi jurnal yang update,” imbuhnya.

Sedangkan Ir. Elita Amrina, M.Eng, Ph.D, IPM mengupas seputar pembuatan artikel imiah yang dimulai dari format penulisan, hal yang harus dilakukan sebelum menulis artikel ilmiah hingga pengiriman artikel ke jurnal yang diinginkan.

“Menulis artikel ilmiah menjadi hal yang harus dilakukan oleh dosen dalam pelaksanaan kegiatan tridharma perguruan tinggi. Untuk itu dalam menulis artikel ilmiah harus diperhatikan isi latarbelakang, metode, hasil hingga refersnsi bahan,” ujarnya.