Bunghatta.ac.id. Himpunan Masyarakat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Bung Hatta kembali mengadakan Bung Hatta Accounting Fair (BAF) part VII yang dirangkum dalam beberapa rangkaian kegiatan diantaranya Bazar, Seminar Nasional, Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS), Accounting Competition tingkat Perguruan Tinggi se-Sumatera dan Field Trip pada 04 - 14 Mei 2015 mendatang.


Yori Aprianda ketua pelaksana menyampaikan kegiatan ini bertujana untuk Meningkatkan silaturahim Mahasiswa Jurusan Akuntansi Se-Sumatera, meningkatkan wawasan Mahasiswa tentang Akuntansi, meningkatkan kreativitas dalam berwirausaha (entrepreneurship) dan meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa di bidang Akuntansi.

“Kegiatan Bung Hatta Accounting Fair (BAF) part VII ini yang diharapkan mampu menunjang dan menambah wawasan mahasiswa akuntansi dalam bidang akademik seiring dengan perkembangan dunia akuntansi saat ini, untuk mampu manandingi perubahan zaman yang berubah cepat maka kita harus terus menerus tampil prima,” jelasnya.

Ia mengatakan bazar merupakan acara pertama, dimana bazar merupakan wadah kegiatan bagi masyarakat akuntansi untuk menyalurkan kreativitas dan bakat dalam berwirausaha (entrepreneurship).

Kegiatan ini kami angkat dengan tema Balai Rakyat Akuntansi dimana kegiatan ini akan diikuti oleh beberapa stand seperti stand kantor akuntan publik yang ada di Sumatera Barat, Perbankan, UKM dan usaha-usaha lainnya yang bersedia mengikuti bazar ini.

“Kegiatan ini diangkat dengan tema Balai Rakyat Akuntansi yang bertempat di Halaman Gedung III Blok A Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta pada 18-22 April 2016,” sebutnya.

Acara kedua berupa Seminar Nasional dengan tema Strategi Kreatif Akuntan dalam Ekonomi Internasional yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 25 April 2016 jam 08.00 WIB.

“Kegiatan ini diharapkan akan mampu mengasah kemampuan dalam berfikir secara kreatif, kritis, dan intelektual, dalam mengikuti perkembangan terbaru dari dunia Akuntansi itu sendiri. Dengan terlaksananya seminar ini diharapkan menambah pengetahuan bagi mahasiswa mengenai Ekonomi Internasional,” imbuhnya.

Kemudian acara ketiga Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 26 April 2016 jam 08.00 WIB. Peserta dari Pelatihan ini adalah mahasiswa. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan dampak positif yang berguna bagi peserta itu sendiri.

Kegiatan keempat Accounting Competition. Acara ini diangkat dengan tema Building Our Self with Accounting Proklamator yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 24 April 2016 untuk babak penyisihan dan 27 April 2016 untuk babak final.

“Peserta dalam Cerdas Cermat ini adalah dengan mengundang mahasiswa akuntansi dari Perguruan Tinggi se- Sumatera. Cerdas Cermat ini dilakukan sebagai ajang kompetisi di bidang akuntansi dan memperkenalkan Universitas Bung Hatta sebagai salah satu Universitas Swasta terkemuka di Sumatera Bara,” jelasnya

Terakhir Field Trip, Acara ke-lima Field Trip, acara ini bertemakan Ragam Budayo Ranah Minang pada 28 April 2015. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa melakukan perjalanan wisata di Sumatera Barat dan melakukan kunjungan secara langsung ke tempat kerajinan Minangkabau dengan mengunjungi beberapa home industri yang terkemuka di Sumatera Barat.

“Tujuannya untuk memberikan gambaran dan informasi tentang bagaimana kondisi nyata dari sebuah home industri. Selain itu, kegiatan ini juga mengajak mahasiswa untuk lebih dekat dengan kondisi lapangan,” katanya.