Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Workshop Penulisan Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berlangsung di Ruang Sidang Fakultas ekonomi Gedung 3 Blok A Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Jumat (26/02/2016).

Ketua pelaksana, Lindawati, SE, M.Si menyampaikan kegiatan ini untuk memberikan motivasi kepada dosen-dosen untuk terus melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari trisharma prguruan tinggi.

  Kegiatan ini tidak hanya untuk dosen jurusan Manajemen saja, namun untuk semua dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta dan beberapa undangan dosen Fakultas Ekonomi dari perguruan tinggi di Sumbar lainnya.

“Dengan mengikuti workshop ini dapat memuncukan ide-ide yang relevan terkait rencana pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing dosen peneliti,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Hendra Suherman, ST, MT saat membuka kegiatan ini mengatakan saat ini universitas konsen terhadap peningkatan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi ilmiah di jurnal berputasi baik nasional maupun internasional.

“Dalam hasil pemeringkatan perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Kemenristekdikti tahun 2015 lalu, untuk publikasi ilmiah memperoleh peringkat pertama di Kopertis Wilayah X. Selain itu juga berdasarkan hasil publikasi di Scorpus, Universitas Bung Hatta masuk peringkat 51 pergurusan tinggi se-Indonesia per 2015,” sebutnya.

Terkait dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang didanai Kemenristekdikti tahun 2016, sebanyak 28 proposal lolos untuk didanai dari berbagai skim hibah yang dikirim. “Hal ini juga merupakan salah satu hasil kerja keras kita bersama yang telah diperoleh dari kegiatan seminar dan pelatihan penulisan proposal, seperti juga kegiatan yang dilaksanakan hari ini yang akan memberikan manfaat dikemudian harinya,” tambahnya.

Workshop ini menghadirkan dua pembicara yaitu Dr. Vera Pujiani, SE, MM. Tech dan Dr. Yurniwati, SE, M.Si, Akt berasal dari Universitas Andalas dengan dimoderatori oleh Dr. Akmal, SE, M.Si.

Dalam penyampaiannya Vera Pujiani membahas membahasa mengenai pembuatan proposal penelitian dimulai dari sumber dana penelitian, jenis penelitian hingga teknis dalam penilaian serta penyusunan proposal penelitian.

“Meneliti merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua dosen terkait dengan kegiatan tridharma perguruan tinggi, pembuktian keprofesionalan hingga untuk mengisi BKD dan LKD. Tiap jurusan harus mengangkat atmosfir untuk giat membuat proposal penelitian, harus ada strategi dalam memilih skim penelitian dari Kemenristekdikti atau internal,” terangnya.

Sedangkan Yurniwati mengupas seputar pembuatan proposal pengabdian kepada masyarakat yang mencakup jenis pengabdian, strategi memilih topik hingga teknis dalam penilaian serta penyusunan proposalnya.

“Bagi dosen yang memiliki hobi traveling, melakukan pengabdian dengan terjun langsung ke masyarakat dapat menjadi pilihan. Dengan melihat permasalahan yang terjadi di masyarakat dapat menjadi salah satu topik yang akan kita laksanakan untuk melakukan PKM,” ungkapnya. (**Ubay-Humas UBH)