Ekonomi Makro Dan Strategi Bisnis Di Era New Normal Covid 19

Cetak

DPP Ikatan Keluarga Besar Alumni Universitas Bung Hatta melaksanakan acara Silaturahmi dan Diskusi Alumni Universitas Bung Hatta, Jumat 10/072020 lalu menggunakan aplikasi Zoom dengan tema Ekonomi dan Budaya Masa Depan.


Dalam acara tersebut salah satu narasumber adalah Dr. Syafrizal Chan S.E., M.Si. memaparkan materi Ekonomi Makro Dan Strategi Bisnis Di Era New Normal Covid 19. Disebutkan bahwa berbagai krisis ekonomi sebelumnya, umumnya dipicu oleh sektor finansial.


Krisis ekonomi kali ini dipicu oleh krisis kesehatan ketika dunia sudah dalam pusaran hyper-globalization yang membuat batas-batas negara kian pudar.


COVID-19 telah menjadi pandemi dunia, merambah ke 213 negara dan jumlah yang terjangkit sudah hampir mencapai 10 juta orang dan kematian hampir setengah juta jiwa.


Di Indonesia, semua provinsi (34) sudah terjangkit dan tersebar di 446 kabupaten/kota atau 86,8 persen dari 514 kabupaten/kota .


Wabah COVID-19 mendadak menghentikan banyak kegiatan produksi karena pembatasan (ketat) mobilitas orang. Hal ini mengakibatkan guncangan dalam global supply chains.


Dampaknya menyebar hampir ke seluruh aspek kehidupan dan terjadi supply shock dan demand shock secara bersamaan.


Untuk lebih lengkap bahan presentasi dapat di unduh dilaman unduhan