Dosen dan Mahasiswa Prodi Manajemen FEB UBH Menjadi Penyaji dalam Seminar Nasional

Dosen dan mahasiswa Prodi Manajemen FEB Universitas Bung Hatta berkolaborasi mempresentasikan makalahnya pada Seminar Nasional dengan tajuk "Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Kemandirian Desa di Era Revolusi Industri 4.0" di Padang (29/10/19).

Purbo Jatmiko (dosen), Toni Prasetyo (mahasiswa), Selfia Juwita (mahasiswa) dan beberapa mahasiswa lainnya mempresentasikan makalahnya dengan judul "Peran Empati dan Persepsi Dukungan Sosial terhadap Niat Menjadi Wirausaha Sosial".

Dalam kegiatan itu, turut hadir pula Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. "Sebanyak 51 Nagari (desa) di Sumatra Barat (Sumbar) masih berstatus tertinggal. Setiap daerah yang memiliki nagari tertinggal diminta fokus melakukan pembenahan di semua sektor,"kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit ketika membuka Seminar Nasional yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi Taman Siswa di Padang.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal DPD RI, Reydonnyzar Moenek, "Pemerintah daerah diharapkan dapat mengoptimalkan skema pendanaan untuk menjawab tantangan dan peluang peningkatan pendapatan daerah."

Donny menjelaskan daerah diberikan kewenangan untuk membiayai pembangunan sesuai dengan kemampuan dan karakteristik wilayahnya melalui setidaknya lima skema pendanaan, yaitu regional infrastruktur development found, pembiayaan dari swasta, pembiayaan dari pemerintah pusat, pendapatan daerah dan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Melalui skema pendanaan itu, daerah harus mampu mengubah tantangan menjadi peluang.

"Ini persoalan bagaimana keberdayaan dan pemberdayaan desa menjadi sebuah keniscayaan dalam menumbuh kembangkan potensi dan pertumbuhan ekonomi desa. Salah satu yang bisa kita gagas di Sumatera Barat adalah pemberdayaan badan usaha milik desa atau nagari; hak ulayat atas tanah masih dilihat sebagai sebuah hambatan investasi, tapi sebenarnya di situlah kekuatan Sumatera Barat," ujar Donny.

Membaca situasi yang demikian, dosen dan mahasiswa FEB Universitas Bung Hatta turut serta memberikan sumbang pikiran melalui pennyjian materi dari kertas kerja yang dirumuskan secara bersama.