Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Bekali Wisudawannya Kiat Sukses Menembus Pasar Kerja
Bunghatta.ac.id. Wakil Rektor III Univesitas Bung Hatta Dr. Diana Kartika, M.Hum membukan kegiatan Pelatihan Dan Simulasi Kiat Sukses Menembus Pasar Kerja yang diselenggarakan oleh Fakutas Ekonomi Universitas Bung Hatta sebagai pembekalan bagi calon wisudawannya yang dilaksanakan di Aula Balirung Carakan Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (27/07/2016).

Pembekalan ini untuk angkatan ke-4 yang diikuti oleh 238 wisudawan dari Fakultas Ekonomi yang akan diwisuda pada Wisuda Akademik ke-66 tanggal 06 Agusutus 2016 mendatang yang berasal dari 3 jurusan yaitu Ilmu Ekonomi Pembangunan, Akuntansi dan Manajemen.

Ketua Pelaksana Kasman Karimi SE., M.Si., menyampaikan untuk itu setiap lulusan perlu diberikan pembekalan pada alumninya yang akan memasuki pasar kerja agar siap dan sukses dalam memasuki pasar kerja dengan mengetahui tips dan trik dalam mencari kerja. Untuk memasuki dunia kerja seorang lulusan sangat memerlukan kesiapan yang matang, tidak hanya kemampuan akademik saja namun perlu juga mengetahui informasi kiatnya dalam menembus dunia kerja.

“Dengan kegiatan ini untuk menjembatani para calon wisudawan agar mendapatkan pengetahuan dan informasi terkini dari dunia kerja sehingga memiliki gambaran dan kesiapan mental menghadapi kerasnya dunia kerja. Diharapkan para calon wisudawan ini siap dan mampu bersaing dalam pasar kerja guna mendapatkan pekerjaan yang mereka harapkan,” jelasnya

Wakil Rektor III Univesitas Bung Hatta Dr. Diana Kartika, M.Hum menyampikan saat ini universitas telah memiliki satu lembaga yang bernama Career Development Center (CDC) Universitas Bung Hatta dan sebelum menjelang wisuda ke-66 ini akan diselenggarakan kegiatan bursa kerja yang akan mendatangkan berbagai perusahaan dan intansi terkait.

“Selamat 4 tahun mengikut perkuliahan sudah banyak ilmu yang diperoleh sebagai bekal nantinya ketika akan memasuki dunia kerja. Selain itu juga dengan kegiatan magang dapat menjadi miniatur dalam memahami dunia kerja seperti apa dan tentunya dengan ilmu yang telah dipelajari ini juga dapat menciptakan dunia lapangan kerja baru dan Jiwa Entrepreneur,” sebutnya.

Ia mengingatkan kemampuan hardskill yang telah dimiliki selama kuliah itu tidak akan cukup tanpa dbekali dengan kemampuan softskill seperti kemampuan berbahasa yang bagus, baik bahasa Indonesia dan bahasa Inggris hingga yang tidak kalah penting harus menguasai teknologi informasi.

“Diharapkan lulusan Universitas Bung Hatta tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual saja namun juga memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang saling terkait satu sama lainnya untuk membawa kesuksesan dimassa depan,” ucapnya.

Pembekalan ini mendatangkan trainer Ani Fegda seorang Assosiate Trainer Dan Concelor Career Developer Center. Ia memaparkan materi mengenai motivasi persaingana dunia kerja, goal setting career, bagaimana cara membuat surat lamaran dan membuat CV, tes psikotes hingga simulasi wawancara kerja.