Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B (KPPBC TMP B) Teluk Bayur memberikan materi kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta yang berlangsung di Aula Balirung caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (07/10/2015).


Kuliah umum ini dalam rangka Cutoms Goes to Campus bersama KPPBC TMP B Teluk Bayur dengan mengangkat topik pengenalan peran bea dan cukai dalam perdagangan internasional dan menghadrikan tiga pemateri yaitu Isja Bewirman Kepala Kantor KPPBC TMP Teluk Bayur yang menjelaskan mengenai profil dan peran Direktorat Jendral Bea dan Cukai.

Kemudian Riko Oloan Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai III KPPBC TMP Teluk Bayur memaparkan menggenai profil sekaligus kegiatan KPPBC TMP B Teluk Bayur dan yang terakhir Agus Trissiyanto Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan KPPBC TMP Teluk Bayur membahas mengenai sistem pengawasan oleh bea dan cukai.

Ketua Pelaksana, Reni Yuliviona, SE, MM menyampaikan kuliah umum ini untuk memberikan gambaran dan wacana pemikiran mengenai perdagangan internasional kepada mahasiswa di Fakultas Ekonomi. Kegiatan ini diikuti lebih dari 350 mahasiswa. Selain penyampaian materi kuliah ada juga penampilan tari tradisional dan pencak silat dari mahasiswa hingga hadiah hiburan dari KPPBC TMP B Teluk Bayur.

“Terutama bagi mahasiswa dari jurusan Ekonomi Pembangunan yang sedang mengambil mata kuliah Teknik Perdagangan Internasional dan mahasiswa dari jurusan Manajemen yang mengambil mata kuliah bisinis Internasioanal,” sebutnya.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta, Yuhelmi, SE, MM mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk dapat memperoleh penambahan wawasan dan pengayaan ilmu pengetahun bagi mahasiswa dan dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta.

“Dalam perkuliahan mahasiswa tidak saja tuntut untuk lebih dalam mengenal teori saja namun perlu juga praktik seperti kegiatan kunjungan-kunjungan sehingga mahasiswa memiliki kemampuan yang lebih sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja. Semoga kegiatan ini terus berlanjut tidak hanya dalam bentuk kuliah umum saja namun dapat dituangkan juga dalam penandatangan MoU untuk berbagai kegiatan lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Drs. Suparman Khan, M.Hum menyambut baik kehadirian KPPBC TMP B Teluk Bayur yang telah hadir dan datang ke Universitas Bung Hatta untuk berbagai ilmu kepada mahasiswa dan dosen. Sebagai penyelenggara pendidikan tinggi, kegiatan ini menjadi kesempatan yang bagi Universitas Bung Hatta untuk dapat menjalin tali silaturahmi dan kerjasama.

“Peranan bea cukai dalam menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN sangatlah penting dalam perdaganan internasional. Selain itu juga dengan kuliah umum ini mahasiswa dan dosen dapat lebih mengetahui lagi sejauhmana peranan bea cukai dalam perdaganan internasional. Universitas Bung Hatta berharap kedepannya kedua institusi ini dapat melakukan penandatanganan kerjasama untuk kegiatan tridharma perguruan tinggi dan kegiatan lainnya,”ucapnya.