Untuk memasuki dunia kerja seorang lulusan sangat memerlukan kesiapan yang matang, tidak hanya kemampuan akademik saja namun perlu juga mengetahui informasi kiatnya dalam menembus dunia kerja. Melihat hal tersebut Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta mengadakan pembekalan bagi calon alumni berupa pelatihan dan simulasi dalam kiat sukses menembus pasar kerja yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokalamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (16/02/2016).


Kegiatan yang dibuka secara oleh Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Hendra Suherman ST, MT ini diikuti oleh 122 calon wisudawan ke-65 Universitas Bung Hatta yang berasal dari 3 jurusan yaitu Ilmu Ekonomi Pembangunan, Akuntansi dan Manajemen.

Ketua Pelaksana Kasman Karimi SE., M.Si., menyampaikan untuk itu setiap lulusan perlu diberikan pembekalan pada alumninya yang akan memasuki pasar kerja agar siap dan sukses dalam memasuki pasar kerja dengan mengetahui tips dan trik dalam mencari kerja.

“Dengan kegiatan ini untuk menjembatani para calon wisudawan agar mendapatkan pengetahuan dan informasi terkini dari dunia kerja sehingga memiliki gambaran dan kesiapan mental menghadapi kerasnya dunia kerja. Diharapkan para calon wisudawan ini siap dan mampu bersaing dalam pasar kerja guna mendapatkan pekerjaan yang mereka harapkan,” jelasnya.

Dekan Fakultas ekonomi Universitas Bung Hatta Yuhelmi, SE, MM mengatakan pembekalan bagi calon wisudawan ini akan terus menjadi agenda rutin Fakultas Ekonomi yang telah dimulai sejak 2009 lalu. Berdasarkan hasil pengalaman dari para alumni sebelumnya yang mengungkapkan pembekalan ini sangat penting sekali dan dibutuhkan dalam memasuki dunia kerja.

“Fakultas juga berharap agar para alumni ini terus menjali ikatan dengan almamater, sebab peran alumni juga sangat penting dalam memberikan kontribusi bagi suatu perguruan tinggi baik sumbangan akademik maupun non akademik terutama dalam proses akreditasi jurusan dan perguruan tinggi. Semoga para calon wisudawan ini dapat mengaplikasikan ilmunya di dunia kerja, baik bekerja dengan orang lain atau menjadi wirausaha sendiri.,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Hendra Suherman ST, MT sangat apresiasi dengan kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta ini dalam melakukan pengarahan kepada calon alumni karena hal ini sangat penting sekali untuk memberikan pembekalan dalam memperoleh pekerjaan.

“Mengingat kemampuan akademik yang telah diperoleh melalui IPK saja tidak cukup untuk bisa bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lainnya terutama dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN ini maka pembekalan ini menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan lulusan Universitas Ubng Hatta yang siap bersaing di dunia kerja,” terangnya.

Pembekalan ini mendatangkan trainer Ani Fegda seorang Assosiate Trainer Dan Concelor Career Developer Center. Ia memaparkan materi mengenai motivasi persaingana dunia kerja, goal setting career, bagaimana cara membuat surat lamaran dan membuat CV, tes psikotes hingga simulasi wawancara kerja.