Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang diselenggarakan di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi Gedung 3 Blok A Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Jumat (08/04/2016).


Workshop ini diikuti oleh seluruh dosen Fakultas ekonomi Universitas Bung Hatta dan menghadirkan pembicara Prof. Dr. H Agus Irianto akademisi dari Universitas Negeri Padang.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Yuhelmi, SE, MM menyampikan pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka persiapan penggunaan kurikulum KBK-KKNI yang akan mulai diterapkan pada semester ganjil 2016/2017 mendatang.

“Pada semester baru mendatang Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta yang terdiri dari 3 jurusan yaitu Ekonomi Pembanguan, Manajemen dan Akuntansi akan menerapkan kurikulum baru berbasis KBK-KKNI. Pelatihan penyusunan RPS ini sangat penting dalam melihat kompetensi capaian mata kuliah tiap program studinya,” sebutnya.

Ia menambahkan melalui pelatihan ini sebagai upaya untuk perbaikan mutu pembelajaran dalam tiap mata kuliah sehingga diharapkan nantinya saat implementasi kurikulum KBK-KKNI ini lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta memiliki kompetensi yang sesuai dengan acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional.

Prof. Dr. H Agus Irianto memberikan materi mengenai paradigma dan proses pembelajaran dalam penyususan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis KKNI. Terdapat permasalahan utama dalam kondisi pembelajaran perguruan tinggi saat ini seperti kurangnya persiapan dosen dalam menyiapkan perangkat pembelajaran, ketidakjelasan rumusan capaian pembelajaran hingga ketidakjelasan pilihan stategi dan metode pembelajaran.

“Saat sudah terjadi perubahan pendekatan dalam pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) ke Student Centered Learning (SCL) adalah perubahan paradigma pengetahuan, belajar dan pembelajaran,” imbuhnya.

Ia mengatakan terdapat unsur yang perlu diperhatikan dalam memilih metode pembelajar dan juga dalam menyusun rencana pembelajarn semester. Dalam RPS tersebut dituliskan capaian pelajaran tiap mata kuliah dan kemampuan yang diharapkan dalam tiap minggu pertemuannya hingga bagaimana kriteria penilaiannya. “Tentunya dengan menyusus RPS yang telah sesuai dengan ketentuannya dapat juga untuk memperbaiki mutu,” sebutnya.